close

Daihatsu Taft Reborn Resmi Dijual, Termurah Rp 186 Juta

Daihatsu Taft Reborn Resmi Dijual, Punya 3 Tipe dan Termurah Rp 186 Juta

Daihatsu Taft reborn yang menampakkan diri pada awal Januari 2020 lalu, kini sudah mulai dipasarkan. Kendaraan gado-gado SUV dan kei car di Jepang ini terdiri atas tiga tipe.

Berdasarkan keterangan resmi, penggolongan variannya berdasarkan huruf. Tipe X jadi paling rendah, kemudian di tengah ada G, dan paling tinggi G Turbo. Tak cuma itu, masing-masing tipe tersedia dua macam penggerak roda: 2WD atau 4WD.

Secara tampilan luar maupun dalam untuk tipe X memang terlihat sederhana. Velg berupa kaleng 15 inci, lampu utama LED, serta tanpa ornamen warna oranye di dalam kabinnya. 

Lanjut trim atasnya, boleh dibilang lebih atraktif karena penyematan velg alumunium 15 inci, lampu kabut, aksen oranye pada beberapa bagian dashboard, setir dilapisi kulit, dan panel instrumen yang dikombinasikan dengan layar TFT.

Nah untuk varian paling tinggi, sebenarnya tidak begitu jauh dari tipe G, bedanya yang paling kentara ada pada penggunaan velg alumunium gun metallic 15 inci.

Sebagai fitur standar, seluruh tipe Daihatsu Taft sudah dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System), kontrol traksi, eco idle, 6 SRS airbags, Smart Panorama Parking Assist, Panoramic Monitor, dan Auto High Beam.

Namun untuk tipe tertingginya ditambahkan Adaptive Cruise Control, Lane Keep Control, Lane Departure Warning, Adaptive Driving Beam, Side View Lamp, maupun Roadside Deviation Warning.

Soal jantung mekanis mobil baru ini, semuanya sama-sama menggendong mesin bensin 3-silinder, DOHC, dan berkubikasi 658 cc. Khusus non turbo menjanjikan tenaga 51 dk di 6.900 rpm dan torsi puncak 60 Nm pada putaran 3.600 rpm. 

Daihatsu Taft Reborn Resmi Dijual, Punya 3 Tipe dan Termurah Rp 186 Juta (3)

Adapun versi yang disuntikkan induksi paksa turbo, tenaganya melonjak jadi 63 dk di 6.400 rpm serta torsi maksimum 100 Nm yang didapat pada putaran 3.600 rpm. Oh iya seluruh transmisinya berupa otomatis CVT. 

Taft yang berarti Tough & Almighty Fun Tool sejatinya merupakan kendaraan yang boleh dibilang 'kecil-kecil cabe rawit'. Atas dasar itulah Daihatsu coba tawarkan sebuah kei car alternatif dan beda dari yang lain.

Jadi bukan sekadar mobil mungil perkotaan biasa, lebih dari itu Taft bisa diandalkan untuk berpetualang sampai membawa banyak peralatan, dengan desain mobil yang unik dan sporty. 

Telah Terbit di : kumparan.com

Tidak ada komentar