Daun Sungkai Bagus Untuk Ibu Hamil? Ini 8 Manfaat Daun Sungkai ~ KORANJAMBI.COM

Sabtu, 03 Oktober 2020

Daun Sungkai Bagus Untuk Ibu Hamil? Ini 8 Manfaat Daun Sungkai


Koranjambi.com, Manfaat daun sungkai baru-baru ini dikabarkan dapat mencegah virus corona. Benarkah demikian. Dilansir dari indonesia.go.id, ketua ketua gugus tugas percepatan penanganan covid-19 bersama gubernur se-Indonesia sedang melirik isu tersebut. Kemudian Fachrori Umar memberi perintah kepada dinas kehutanan untuk berkoordinasi dengan BPOM, labkesda, dan Dinas Kesehatan supaya meneliti tentang khasiat daun sungkai tersebut.

Tumbuhan ini bernama sungkai atau nama latinnya peronema canescens jack. Sejak dulu tanaman ini telah digunakan nenek moyang sebagai obat alami untuk demam. Namun, sepertinya tidak banyak orang tahu tentang tanaman ini. Begitu pula dengan manfaat daun sungkai dan cara mengolahnya.

Mengenal Tanaman Sungkai

Sebelum mengetahui apa saja khasiat daun sungkai, alangkah baiknya anda mengetahui apa itu sungkai. Tanaman Sungkai merupakan tumbuhan asli Indonesia tepatnya berasal dari kalimantan. Dan banyak ditemui juga di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Jawa Barat. Biasanya tanaman ini terdapat di kebun, hutan dan sekitar depan atau belakang rumah sebagai pagar tanah.

Sungkai atau sering disebut dengan jati sabrang ini merupakan tanaman yang kayunya memiliki kualitas bagus dan memiliki alur yang artistik. Sehingga banyak yang memanfaatkan sebagai bahan furniture dan mebel. Sedangkan daunnya dari dulu hingga kini masih dimanfaatkan masyarakat sebagai pengobatan dan perawatan kesehatan.

Manfaat daun sungkai didapat dari kandungan senyawanya, yaitu polisakarida, terpenoid, alkaloid dan polifenol. Diketahui senyawa tersebut mempunyai bioaktivitas sebagai imunostimulan agent. Imunitas adalah resistensi terhadap berbagai serangan penyakit, terutama penyakit yang berasal dari infeksi.


Video tutorial membuat ramuan daun sungkai
 

Untuk mengetahui lebih jelas manfaat daun sungkai. Simaklah ulasan berikut ini:

1. Khasiat Daun Sungkai untuk Menurunkan Demam

Hingga saat ini, sebagian besar masyarakat indonesia masih banyak yang menggunakan pengobatan secara tradisional. Tak terkecuali suku dayak yang mendiami kalimantan. tanaman sungkai yang berasal dari daerahnya sendiri pasti dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Suku dayak biasanya memanfaatkan daun sungkai sebagai obat pilek, demam dan cacingan atau ringworms.

2. Manfaat Daun Sungkai untuk Menyembuhkan Memar

Tidak hanya suku dayak, suku serawai yang berasal dari bengkulu juga mengambil khasiat daun sungkai untuk pengobatan. Mereka memanfaatkan daun sungkai untuk mengobati memar. Caranya mengolahnya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sungkai secukupnya. Cucilah dulu untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel. Setelah itu tumbuk daun dan tampal pada bagian tubuh yang memar.

3. Khasiat Daun Sungkai untuk Mengobati Malaria

Tidak mau kalah, suku lembak dari bengkulu pun juga memiliki cara untuk memanfaatkan daun sungkai. Manfaat daun sungkai dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit malaria. Cara mengolahnya cukup mudah yaitu dengan menyeduh daunnya. Selain untuk malaria, seduhan daun sungkai juga bisa untuk menurunkan demam dan meningkatkan stamina tubuh anda.

4. Manfaat Daun Sungkai untuk mengatasi Sakit Gigi

Tak disangka, ternyata khasiat daun sungkai juga bisa untuk mengobati sakit gigi. Kebanyakan sakit gigi disebabkan karena kuman yang bersarang di mulut. Cara memanfaatkan daun sungkai ini, anda hanya memerlukan daun mudanya. Rebus daun muda sungkai beberapa lembar. Ketika masih hangat, gunakan untuk berkumur supaya kuman yang ada di mulut mati dan mulut pun bersih.

5. Khasiat Daun Sungkai untuk Menyembuhkan Sariawan

Sariawan seringkali dianggap sebagai hal yang sepele. Namun, sariawan menyebabkan seseorang tidak nyaman ketika makan, minum bahkan bicara. Meskipun sariawan tidak menular, tapi alangkah baiknya untuk segera diobati supaya sariawan tidak menjadi peradangan yang serius.

Daun sungkai dapat dijadikan alternatif saat anda sedang sariawan. Cara mengambil manfaat daun sungkai untuk sariawan yaitu dengan menjadikannya obat kumur. Rebus beberapa helai daun sungkai hingga mendidih. Diamkan sebentar sampai hangat, kemudian langsung gunakan untuk berkumur.

6. Manfaat Daun Sungkai untuk Campuran Air Mandi Bagi Ibu Bersalin

Pada ibu yang melahirkan secara normal, pasti keadaan tubuh tidak enak dan penuh keringat karena mengejan untuk mengeluarkan bayinya. Tidak hanya itu, sisa cairan dan darah tentu membuat ibu merasa tidak nyaman. Sehingga mandi air hangat sangat disarankan untuk membersihkan badan dan menjadikan otot-otot tubuh menjadi rileks.

Khasiat daun sungkai ternyata bisa dijadikan mandian bagi ibu selepas bersalin. Perlu diperhatikan, hanya ibu yang melahirkan secara normal saja yang boleh langsung mandi. Sedangkan yang melahirkan secara caesar perlu dihindari supaya tidak terjadi infeksi di luka jahitan.

Caranya, ambil daun sungkai lebih banyak kemudian rebus. Setelah mendidih, tambahkan air dingin hingga hangat suam-suam kuku. Periksa kehangatan air dengan menggunakan siku karena siku lebih peka terhadap suhu.

7. Khasiat Daun Sungkai untuk Kesuburan Rahim Wanita

Selanjutnya, manfaat daun sungkai juga untuk kesuburan wanita. Kesuburan wanita tergantung pada beberapa faktor. Diantaranya bisa stress, konsumsi obat-obat tertentu dan masalah berat badan (kelebihan atau kekurangan berat badan). Selain itu kelelahan akibat pekerjaan dan berbagai gangguan kesehatan juga bisa mempengaruhi kesuburan wanita.

Beberapa cara untuk meningkatkan kesuburan wanita yaitu dengan menenangkan diri. Karena stress bisa menyebabkan perubahan hormon yang menyebabkan kesuburan wanita terganggu. Selain itu, anda juga harus mengontrol berat badan anda karena berat badan berlebih maupun kurang dapat mempengaruhi kesehatan rahim.

Olahraga juga dapat meningkatkan kesuburan rahim. Pasalnya, olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja organ reproduksi dan menjaga kestabilan hormon. Selain itu, baik anda maupun pasangan harus menjauhi merokok, begadang dan minum minuman beralkohol.

Jika anda telah melakukan itu semua, belum lengkap jika anda belum mengkonsumsi ramuan herbal. Salah satu manfaat daun sungkai ternyata juga dapat meningkatkan kesuburan rahim wanita. Rebus daun mudanya kemudian minum dalam keadaan hangat. Minum secara rutin jika anda segera ingin memiliki momongan.

Tidak hanya itu, rebusan daun muda sungkai juga dapat memperlancar siklus haid perempuan. Siklus haid yang lancar perlu diperhatikan oleh semua wanita, meskipun wanita tersebut belum menikah.

8. Manfaat Daun Sungkai untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Khasiat daun sungkai selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Daya tahan tubuh atau imunitas sebenarnya telah ada dalam tubuh secara alami. Namun, sistem imunitas tubuh perlu ditingkatkan apalagi pada musim pancaroba. Karena pada musim ini berbagai penyakit kerap menyerang sistem kekebalan tubuh.

Tingkatkan imunitas tubuh anda dengan meminum ramuan herbal daun sungkai. Diketahui ekstrak daun muda sungkai berpotensi untuk meningkatkan kesehatan (imunitas) tubuh. Mengingat kearifan lokal indonesia yang sangat bermacam-macam, terdapat salah satu inspirasi pengobatan dari suku lembak.

Suku lembak mengambil manfaat daun sungkai untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mengambil satu genggam daun sungkai. kemudian ditambah air tawar kemudian direbus. Tuang ke dalam gelas dan segera minum selagi hangat. Khasiat daun sungkai lebih banyak didapat dari daun yang masih muda. Cara memilihnya cukup mudah, carilah daun sungkai yang masih berwarna ungu kemerah-merahan. Biasanya daun sungkai muda tumbuh di bagian atas atau di pucuk cabang.

Demikian penjelasan tentang manfaat daun sungkai. Semoga membantu anda untuk mengobati berbagai penyakit dengan melestarikan kearifan lokal. Meskipun daun sungkai dapat mengobati penyakit-penyakit tersebut. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Selamat mencoba. (*)

 

Sumber : sumbersehat.com


The post Daun Sungkai Untuk Ibu Hamil? Ini Manfaatnya appeared first on Berita Jambi Seru Com.



source https://www.jambiseru.com/berita/2020/03/10/daun-sungkai-untuk-ibu-hamil-ini-manfaatnya