Dimasa Pandemi Covid-19 4 Barang Ini Wajib Ada di Rumah ~ KORANJAMBI.COM

Minggu, 04 Oktober 2020

Dimasa Pandemi Covid-19 4 Barang Ini Wajib Ada di Rumah

Dimasa Pandemi Covid-19 4 Barang Ini Wajib Ada di Rumah



Koranjambi.com, Meningkatnya klaster keluarga penyebaran Covid-19 membuat daerah zona merah dan hitam kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Di Jakarta saja, angka klaster keluarga dari awalnya 1.515 jiwa kini meluas mencapai lebih dari 7.400 kasus positif. 

Kemunculan klaster keluarga berawal dari anggota keluarga seperti ayah, ibu, anak, atau keluarga lainnya. Risiko penularan pun semakin meningkat akibat masih kurangnya kewaspadaan menghadapi pandemi di lingkungan rumah. 

Padahal, meski di rumah saja, kontaminasi kuman dan bakteri tetap bisa terjadi. Untuk itu, selalu terapkan protokol kesehatan seperti rutin menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama usai keluar rumah, penting dilakukan. Selain itu, ada beberapa barang yang wajib disiapkan di rumah, guna meminimalisir penularan di lingkungan keluarga. Apa saja? 

1. Bahan makanan bernutrisi

Menjaga kesehatan dari dalam tubuh juga tak kalah penting agar tidak mudah sakit akibat serangan bakteri atau kuman. Misalnya dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga secara teratur, serta dengan selalu sedia bahan makanan kaya vitamin C dan antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah infeksi. 

2. Obat-obatan dan suplemen vitamin

Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen tambahan untuk membantu menjaga imunitas, apalagi bila kita selalu dihadapkan dengan rutinitas harian yang padat. Namun tetap perhatikan batas konsumsi yang disarankan saat meminum suplemen. Selain itu, sebaiknya selalu sediakan obat-obatan yang diperlukan untuk pertolongan pertama saat sakit. 



3. Healthy kit

Saat ini kita diminta untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah demi mempercepat berakhirnya pandemi. Namun beberapa orang memiliki tugas dan kewajiban yang mengharuskannya untuk tetap berkegiatan di luar rumah, misalnya mereka yang bekerja di fasilitas umum hingga kantor pemerintahan. 

Untuk itu, selalu siapkan healthy kit yang terdiri dari masker, hand sanitizer, tisu basah dan kering dengan kandungan antibakteri, hingga face shield beserta cadangannya di rumah. Selalu sediakan juga sabun pencuci tangan yang bisa digunakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas di rumah. 

4. Cairan antiseptik serbaguna

Sering tidak disadari, kita juga bisa menjadi media pembawa kuman atau bakteri yang tak kasat mata ke dalam rumah, entah yang menempel di tubuh maupun di baju atau barang yang kita kenakan. Apalagi bila kita masih sering bepergian keluar rumah. 

Salah satu cara untuk meminimalisir kontaminasi kuman dan bakteri usai bepergian adalah segera mandi dan mencuci pakaian dengan mencampurkan cairan antiseptik pada air yang digunakan. Campuran antiseptik bisa membantu menghentikan kontaminasi kuman dan bakteri. 

(*)


Sumber : Kumparan.com