Tradisi Neres, Ritual Wanita Mandi Bersama di Sungai, Simak Videonya ~ KORANJAMBI.COM

Jumat, 06 November 2020

Tradisi Neres, Ritual Wanita Mandi Bersama di Sungai, Simak Videonya

tradisi neres, ritual wanita mandi bersama disungai

Koranjambi.com, Indonesia kaya akan budaya dan tradisi, tiap daerah memiliki tradisi yang unik dan menarik. Salah satunya yaitu tradisi mandi bersama.

Baca juga : Menang Pemilihan, Ini Biodata Kemala Harris

Sebuah akun instagram @gunung_luhur, mengunggah video yang menampilkan sekumpulan warga sedang mandi disungai. Semuanya wanita, mengenakan kain untuk menutupi tubuhnya, kegiatan ini disebut dengan tradisi Neres. Tradisi ini sudah dilakukan turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

"Konten ini mungkin sensitif untuk sebagian kalangan. Mohon dipahami dengan terbuka. Jika yang tidak berkenan, boleh diskip. Admin posting ini murni untuk tujuan mengenalkan jika masih ada tradisi adat yang unik yang masih lestari di Kabupaten Lebak. Postingan ini juga sudah mendapat persetujuan dari tokoh masyarakat setempat," begitu kalimat pembuka pada caption video.

Inilah tradisi bersih-bersih tahunan di Kampung Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, tepatnya di Sungai Cimadur.

Tradisi ini merupakan rangkaian Seren Taun Ciusul yang diturunkan oleh leluhur. Tradisi Neres memang dilakukan di sungai.

Untuk kegiatannya tak cuma mandi dan keramas. Wanita yang mengikuti tradisi ini biasanya juga membawa perkakas rumah tangga untuk di cuci.

Uniknya, warga tidak keramas dengan shampo yang kita gunakan sehari-hari. Shampo yang dipakai adalah jerami padi yang dibakar.

Menurut kepercayaan, Neres adalah ritual yang dilakukan untuk menghilangkan penyakit yang merugikan, seperti menyebarnya wabah penyakit, paceklik, setiap menanam padi atau pepohonan yang hasilnya tidak bagus.


View this post on Instagram

Peringatan: Konten ini mungkin sensitif untuk sebagian kalangan. Mohon dipahami dengan terbuka. Jika yang tidak berkenan, boleh diskip. Admin posting ini murni untuk tujuan mengenalkan jika masih ada tradisi adat yang unik yang masih lestari di Kabupaten Lebak. Postingan ini juga sudah mendapat persetujuan dari tokoh masyarakat setempat. Serunya Tradisi Bersih-bersih Tahunan di Ciusul Puluhan teteh-teteh dan ibu-ibu warga Kampung Ciusul, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak mengikuti tradisi Neres atau bersih-bersih tahunan, Kamis (5/11/2020). Tradisi ini merupakan bagian dari rangkaian Seren Taun Ciusul yang sudah dilakukan turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Tradisi Bersih-bersih dilakukan di sungai Cimadur. Selain mandi dan keramas, para ibu-ibu juga membawa perkakas rumah tangga untuk dicuci. Yang unik, shampo untuk keramas menggunakan jerami padi yang dibakar. Bagi sebagian orang mungkin dianggap kurang sopan atau tabu. Tapi untuk di daerah Ciusul - Citorek Kidul, ini sudah menjadi tradisi ratusan tahun silam. Ini satu tradisi yang masih kami lestarikan.. Semoga tradisi ini terus lestari ya. Ada yang sudah pernah ikut langsung tradisi ini? Videonya diblur dikit ya gengs, biar gak pada salfok 😁 #inforangkasbitung #gunungluhur

A post shared by CITOREK - Gunung Luhur Ciusul (@gunung_luhur) on

"Bagi sebagian orang mungkin dianggap kurang sopan atau tabu. Tapi untuk di daerah Ciusul-Citorek Kidul, ini sudah menjadi tradisi ratusan tahun silam. Ini satu tradisi yang masih kami lestarikan.. Semoga tradisi ini terus lestari ya," begitu penjelasan dari caption video.

Sampai berita ini diturunkan, sudah ditonton lebih dari 7 ribu kali.(*)


Sumber :  detik.com