Zumi Zola Ditahan, KPK Siap Ungkap Nama Tersangka Baru Suap RAPBD Jambi ~ KORANJAMBI.COM

Minggu, 01 November 2020

Zumi Zola Ditahan, KPK Siap Ungkap Nama Tersangka Baru Suap RAPBD Jambi

Zumi Zola KPK siap ungkap tersangka baru


Koranjambi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini tengah melakukan pengembangan perkara dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi tahun anggaran 2017 yang sebelumnya telah menjerat eks Gubernur Jambi, Zumi Zola.

Namun, KPK belum menjelaskan secara rinci mengenai pihak yang dinyatakan sebagai tersangka baru dalam kasus ini. Penyidik saat ini masih melaksanakan serangkaian kegiatan penyidikan.

“Saat ini benar sedang dilakukan penyidikan oleh KPK dalam perkara pengembangan dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi tahun anggaran 2017. Namun kami belum bisa memberikan informasi lebih spesifik,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Sabtu (31/10/2020) kemarin.

Ali memastikan KPK segera menginformasikan perkembangan lebih lanjut mengenai perkara ini.

“Setiap perkembangan perkara ini pasti akan kami sampaikan kepada publik secara transparan dan akuntabel sebagaimana amanat UU KPK. Untuk itu, pada waktunya nanti akan kami sampaikan siapa saja yang ditetapkan sebagai tersangka,” katanya.

Diketahui, mantan Gubenur Jambi, Zumi Zola, sudah divonis enam tahun kurungan penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta. Hakim juga telah memberikan hukuman tambahan berupa pencabutan hak politik Zola selama lima tahun.

Siapa Tersangka Baru yang Bakal Diumumkan KPK?

Zumi Zola yang juga mantan artis ini terbukti memberikan suap kepada 53 anggota DPRD Provinsi Jambi senilai total Rp 16,5 miliar. Uang suap ini diberikan dengan tujuan agar pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Jambi menyetujui Raperda APBD tahun anggaran 2017-2018.

Dalam hal ini, Ali juga menyatakan pihaknya tidak bisa mengungkap nama-nama tersangka baru dalam kasus ini. Dikarenakan KPK masih melakukan serangkaian kegiatan penyidikan, sehingga belum bisa memberi informasi yang lebih rinci.

“Kebijakan pimpinan KPK saat ini adalah pengumuman penetapan tersangka akan dilakukan bersamaan dengan penangkapan atau penahanan para tersangka,” uajr Ali.

Ali pun berjanji bakal menyampaikan kepada publik secara transparan dan akuntabel terkait perkembangan penanganan perkara yang menghebohkan Provinsi Jambi ini.

H yang bisa yg dalam kasus suap ini, KPK telah menjerat 13 orang tersangka baru dari berbagai unsur mulai dari tiga pimpinan DPRD Jambi, lima pimpinan fraksi, satu ketua komisi, tiga anggota DPRD, dan seorang pihak swasta.

Mulai dari unsur Pimpinan DPRD Jambi diduga telah meminta uang “pelicin” memuluskan ketok palu APBD, menagih kesiapan uang ketok palu, lalu melakukan pertemuan untuk membicarakan hal tersebut, kemudian meminta jatah proyek dan/atau menerima uang dalam kisaran Rp 100 juta atau Rp 600 juta per orang. (Red)


Sumber : jambiseru.com


The post Zumi Zola Tuntas, KPK Kini Siap Ungkap Nama-nama Tersangka Baru Suap RAPBD Jambi appeared first on Jambiseru.com | Update Berita Jambi.



source https://www.jambiseru.com/berita/2020/01/11/zumi-zola-tuntas-kpk-kini-siap-ungkap-nama-nama-tersangka-baru-suap-rapbd-jambi