Habib Rizieq Resmi Ditahan Polda Metro Jaya

habib rizieq shihab ditahan polda metro

Koranjambi.com, Minggu (13/12) pagi ini, usai penahanan Habib RizieqTampak karangan bunga bertuliskan dukungan penuntasan kasus Habib Rizieq terpajang di trotoar jalan depan Polda Metro Jaya. 

Melihat ke dalam area lapangan Polda Metro Jaya, pasukan Brimob dan TNI sedang bersiaga. 3 mobil water canon dan 1 mobil pengurai massa terparkir di sana.

Baca Suara CE-Ratu 0 di TPS Sebelah Kantor Golkar Merangin

Sebelumnya diberitakan, Habib Rizieq Shihab atau HRS resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. HRS ditahan selama 20 hari ke depan.

Dikutip dari detik .com, "Kemudian tersangka MRS (Muhammad Rizieq Shihab) kita tahan, kita lakukan penahanan oleh penyidik itu dimulai tanggal 12 Desember selama 20 hari ke depan sampai tanggal 31 Desember 2020," ujar, Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020).

Habib Rizieq ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka penghasutan terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Polisi mencecar HRS dengan 84 pertanyaan.

Habib Rizieq keluar dari gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya sekitar pukul 00.28 WIB. Dia tampak mengenakan baju tahanan berwarna oranye dengan tangan diborgol.

Baca Opini Musri Nauli Sang Penakluk

Habib Rizieq atau HRS kemudian dibawa ke mobil tahanan menuju ke Rutan Polda Metro Jaya. Alasan penyidik menahan Habib Rizieq salah satunya karena dikhawatirkan mengulangi perbuatannya.

"Alasan penahanan ada dua yaitu objektif dan subjektif. Untuk objektif ancaman di atas 5 tahun, subjektif kenapa dilakukan penahanan yang pertama agar tersangka tidak melarikan diri, kemudian tersangka tidak menghilangkan barang bukti dan yang ketiga adalah tidak mengulangi pengulangannnya," kata Argo.

Argo menambahkan penahanan juga dilakukan guna mempermudah proses penyidikan.

Tanggapan HRS

Minggu (13/12) pukul 00.30 WIB, Habib Rizieq dibawa ke Rutan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan di Gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya. Ia keluar gedung dengan tangan diborgol.

Setiba di depan Rutan Polda Metro Jaya, HRS sempat menunjukkan tangan yang sedang diborgol. Saat menuju ke mobil tahanan, Habib Rizieq sempat berkomentar soal penahanannya.

"Perjuangan jalan terus. Setop diskriminasi hukum," ujar Rizieq.