Perbaikan Jalan Renah Pemetik Kerinci Cuma Dianggarkan Rp 800 Juta

anggaran perbaikan jalan renah pemetik cuma 800 juta


Koranjambi.com, Jalan Renah Pemetik yang menghubungkan Empat Desa yakni Pemetik Kecil, Pasir Jaya, desa Lubuk Tabun dan Sungai Kuning , kecamatan Siulak Mukai, Kerinci yang sudah puluhan tahun rusak, hanya dianggarkan Rp 800 juta oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas PUPR Kerinci. 

Hal tersebut sangat disesali warga, padahal, jalan Renah Pemetik merupakan jalan utama warga untuk keluar masuk desa, dan juga sebagai jalan warga membawa hasil produksi perkebunan dan pertanian. 

Har, salah seorang Peladang di Renah Pemetik, mengatakan bahwa jalan Renah Pemetik memang cukup terisolir di kabupaten Kerinci. Selain jauh bahkan jalannya pun kurang diperhatikan pemerintah. 

"Ya, kami di Renah Pemetik terisolir nian, coba lihat kondisi jalan yang puluhan tahun tidak pernah diperbaiki," ujar Har.

Baca Oknum Perawat Dilaporkan ke Polisi Dengan Dugaan Pelecehan Terhadap Pasien

Jalan tersebut, tahun 2021 ini akan dibangun atau diperbaiki, itu pun dana yang dianggarkan hanya Rp 800 juta.  Padahal warga sangat membutuhkan perbaikan jalan.

"Kalau Rp 800 juta dianggarkan berapa nian panjang jalan yang bisa diperbaiki Pemerintah, Paling-paling hanya beberapa meter saja. Coba lihat jalan lain, anggarannya sampai Milyaran, "sesalnya. 

Hal senada juga diungkapkan Deni salah seorang warga, dia menuturkan sebelumnya dijanjikan akan diperbaiki tahun ini oleh Pemerintah tahun ini warga cukup senang. Namun, setelah mengetahui dana yang dianggarkan Rp 800 juta, membuat  warga kecewa. 

"Kalau cuma dana 800 juta paling hanya nimbun jalan beberapa meter saja, tidak bisa diaspal, padahal sebelumnya kami sangat harapkap bisa diaspal dianggarkan lebih Rp 1 Milyar, tapi ini sangat kecil," ungkap Deni.

Baca Saksi Paslon 03 Pilgub Jambi di MK Mentahkan Permohonan Paslon 01

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kerinci, Maya Novefri, mengatakan, direncanakan pada awal tahun 2021 ini tepatnya di akhir bulan Februari, Dinas PUPR Kerinci akan memulai untuk melakukan perbaikan jalan Renah Pemetik dengan total anggaran Rp 800 juta.

"Pelaksanaannya melalui swakelola, dimana Dinas PUPR Kabupaten Kerinci menyiapkan seluruh alat dan material," jelasnya. 

Dalam pelaksanaannya, Dinas PUPR tidak menargetkan berapa panjang jalan yang akan diperbaiki, namun Dinas PUPR akan menentukan titik-titik atau spot yang mengalami kerusakan paling parah untuk dilakukan perbaikan.

"Dengan anggaran tersebut, kita harapkan kerjasama dari masyarakat setempat untuk ikut membantu, agar perbaikan jalan tersebut bisa dilaksanakan secara maksimal," tutup Maya.(*)


Sudah terbit di jambione.com