Putusan MK Perihal Pilkada Jambi



Koranjambi.com, Banyak yang penasaran kapan hasil putusan MK Pilkada khususnya Pilgub Jambi 2020 akan dilakukan? Jawabannya, diprediksi akhir bulan Februari 2021 atau awal Maret 2021 ini.

Anggota tim advokasi Al Haris-Abdullah Sani, Sarbaini SH, menjelaskan, saat ini beberapa daerah memang sudah ada putusan sela oleh MK. Namun, untuk Pilgub Jambi, tidak lagi pakai putusan sela.

Alasannya, akan disidang dengan pembuktian-pembuktian pada pekan depan. Karena itu, setelah sidang tersebut, hakim akan mengeluarkan putusan tetap.

“Jadi tidak ada putusan sela. Perkiraan Senin depan sidang lagi di MK,” ungkap Sarbaini kepada media, Selasa (16/2/2021).

Menurutnya, pada sidang pekan depan itu, agendanya ialah pembuktian-pembuktian.

“Mulai dari saksi-saksi, dan dokumen-dokumen seperti DPT, formulir C1 dan lain-lain,” tambah Bang Sar -sapaan akrab Sarbaini-, lagi.

Nah, setelah sidang tersebut, barulah akan diagendakan pembacaan putusan. Bisa jadi akhir Februari 2021 ini atau awal Maret 2021.

“Putusan MK Pilgub Jambi intinya dalam waktu dekat. Sekarang kita fokus saja ke materi sidang,” jelasnya.

Untuk diketahui, Al Haris-Abdullah Sani, adalah pemenang Pilgub Jambi 2020. Pasangan nomor urut 3 ini menang setelah mengalahkan Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar-Syafril.

MK Tolak Gugatan Fiyos dan Menangkan Ahmadi

Upaya Fi-Yos Kandas. Sidang pengucapan sesi putusan gugatan yang diajukan Paslon Walikota-Wawako Fikar-Yos ditolak mejelis hakim Makamah Konstitusi RI, Selasa (16/2/2021).

Putusan Hakim menyatakan, pemohon (Fiyos) tidak memiliki kedudukan hukum.

Dalam pokok permohonan, “Menyatakan permohonan tidak dapat diterima,” ucap ketua MK RI Usman dalam membacakan putusan.

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Ini Jadwal Hasil Putusan MK Pilkada Pilgub Jambi

Demikian putusan dalam rapat permusyawaratan Hakim oleh 9 hakim konstitusi yaitu Anwar Usman, Suhartoyo, Daniel Yusmic, Arif Hidayat, Erny Nurbaningsih, Situmpol, Saidi, Wahodudin, hari Selasa (16/2/2021). Pukul 10.08 WIB.(*)