Gubernur Satu Ini Tak Larang Warganya Untuk Mudik

Gubernur ntb Tak Larang Warganya Untuk Mudik


Koran Jambi, Aturan pemerintah pusat melarang warga yang ingin mudik lebaran tahun ini sudah diedarkan. Namun hal ini berbanding terbalik dengan pernyataan Gubernur NTB yang tidak melarang warganya untuk mudik lebaran.

Menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah menyatakan jika mudik diatur nanti banyak masalah yang terjadi.

"Ndak dilarang. Yang penting jalankan puasa di bulan Ramadhan," kata Zulkieflimansyah, dikutip dari detik.com, Senin (19/4/2021).

Zulkieflimansyah mengungkap pihaknya tidak bisa melarang ataupun membatasi warganya yang ingin pulang ke Pulau Sumbawa atau Pulau Lombok. Sebab menurutnya hal tersebut merupakan hal biasa yang dilakukan setiap menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri.

"Mereka pulang itu karena rindu sekali. Kalau kita atur-atur nanti banyak masalah yang akan terjadi, biarkan ngalir begitu aja," ungkapnya.

Baca Juga

Bus Trans Siginjai Mulai Punya Halte Di Dalam Bandara Sultan Thaha Jambi
Janda Zumi Zola, Sherrin Tharia Saat Menunggu Buka Puasa

Sebelumnya, pemerintah resmi melarang mudik Lebaran 2021. Larangan mudik Lebaran ini tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021. Larangan tersebut diberlakukan untuk moda transportasi darat, laut dan udara.

Pemerintah juga telah menetapkan aturan terkait larangan pengoperasian seluruh moda transportasi darat, laut, udara, dan kereta api pada 6-17 Mei 2021. Bahkan, Kementerian Perhubungan akan menerbitkan surat edaran sebagai acuan petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan terkait kebijakan larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.(*)