Piala Eropa 2020, 11 Negara Sudah Pasti Lolos ke 16 Besar, Siapa Saja?



Koran Jambi, Piala Eropa 2020 (Euro 2020) sudah hampir memasuki babak 16 besar. Sampai hari ini, Selasa (22/6/2021) sudah 11 negara yang memastikan lolos ke 16 besar.

Tiga dari enam grup yang ada di piala eropa 2020 sudah menyelesaikan semua pertandingannya. Grup A, B dan grup C sudah mendapatkan juara dan runner-up grup. Sementara 3 grup tersisa (Grup D, E dan F) masih menyisakan 1 pertandingan lagi di masing-masing grup.

Siapa saja negara yang sudah pasti lolos ke babak 16 besar piala Eropa 2020? Selengkapnya di bawah ini.


Grup A yang terdiri dari Italia, Wales, Swiss dan Turki berhasil meloloskan 3 negara ke babak 16 besar. Turki dalam 3 kali pertandingan tidak pernah menang ataupun seri, sehingga dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar.


Grup B hanya bisa meloloskan 2 negara ke babak 16 besar. Belgia dan Denmark dipastikan lolos, sementara Finlandia dan Rusia harus puas pada peringkat 3 dan 4 di grup ini.


Grup C juga telah menyelesaikan semua pertandingan, dengan menempatkan Belanda sebagai juara grup dan Austria sebagai Runner-Up. Dengan demikian Ukraina dan Makedonia Utara harus tersingkir dari Piala Eropa 2020 ini.


Grup D memastikan Inggris dan Republik Ceko lolos karena kedua tim akan saling berhadapan di pertandingan terakhir grup D. Terlepas apapun hasilnya, jika Skotlandia vs Kroasia tidak berhasil imbang, maka tim yang kalah antara Inggris vs Republik Ceko menjadi peringkat tiga dan dipastikan menjadi salah satu peringkat tiga terbaik.


Grup E baru memastikan Swedia yang lolos ke 16 besar. Hal ini dikarenakan Swedia telah memperoleh 4 poin. Satu pertandingan terakhir Swedia akan berhadapan dengan Polandia. Jika Swedia menang, sudah pasti jadi juara grup E, jika Swedia kalah, sementara pertandingan Slovakia vs Spanyol ada pemenang, maka tim yang kalah akan berakhir sebagai runner up grup. 


Grup F yang juga disebut "grup neraka" hampir sama posisinya seperti grup E. Prancis masih memiliki satu pertandingan sisa melawan Portugal. Jika mereka menang, maka mereka akan menjadi juara grup. Jika mereka kalah, sementara Hungaria berhasil menang melawan Jerman, maka mereka akan finish di peringkat tiga dan dipastikan menjadi salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Berikut Jadwal putaran akhir grup.