Kenduri Swarnabhumi, Mengilas Sejarah Pasar Muara Tembesi

Koran Jambi, Batanghari- Dalam rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi yang berlangsung selama sepekan di kawasan pasar lamo Muara Tembesi, Bupati Batanghari minta kegiatan pelestarian kebudayaan terus dikembangkan.

Dikatakan Bupati Batanghari, Kegiatan-kegiatan pelestarian seperti harus terus di kembangkan agar masyarakat Batanghari mengenal sejarah dan budaya leluhur terdahulu.

“Bagaimana masyarakat Batanghari dapat beralih ke teknologi, karena zaman tidak bisa tinggal dari kecanggihan teknologi, Salah satu bentuk perubahan teknologi yang nyata bahwasanya pasar Tembesi ini sebagai pusat perdagangan pindah ke Kampung Baru, kenapa dulu orang transportasinya jalan Sungai sehingga pasar dekat dengan sungai dan sekarang orang transportasinya motor dan mobil jadi pasar berkembang ke dekat jalan pindahlah ke Kampung Baru di sana, namun ini tetap harus kita jaga karena ini merupakan cikal bakal bangunan yang ada di Kabupaten Batanghari ini” ucap Fadhil.

Lanjut MFA, Kita Ingin anak cucu kita paham dengan sejarah karena begitu banyak orang sekarang tidak tahu sejarah hidupnya sehingga kadang-kadang dia lupa hormat dengan orang tuanya serta tidak tahu ahormat dengan sanak familihnya.

Bupati Batanghari itu juga berterima kasih kepada Wakil Bupati H Bakhtiar yamg sudah sangat konsen dan intens terhadap bagaimana pengembangan pasa Muara Tembesi itu sendiri.

“Mengingat kita memang menginginkan Pasar Muara Tembesi ini menjadi dinasti wisata sejarah, tapi wisata itu akan berkembang sesuai dengan sikap dan perilaku kita. Daerah wisata yang maju itu masyarakatnya pasti menyambutnya dengan baik dengan ramah tamah menciptakan sesuatu yang aman dan kondusif tapi kalau daerah itu tidak aman maka dia tidak bisa berkembang karena orang takut untuk datang ke situ, jadi keadaan ini harus kita dukung dengan bersama-sama”, Pungkasnya. (Nda)

Baca berita terbaru di JAMBISERU.COM