Jambi  

Cerita Rakyat Jambi Dongeng Anak oleh Monas Junior: Hantu Mangun

Ilustrasi dongeng hantu mangun
Ilustrasi hantu mangun.

Zaki bertanya kepada ibunya satu malam. Saat itu ia baru saja memenangkan MPL mingguan Mobile Legend. Hatinya sedang riang.

“Ooo… Hantu Mangun itu hantu yang tugasnya memberi tahu orang soal kematian. Kalau ada keluarga atau orang dekat kita meninggal, biasanya Hantu Mangun ngasih tahu ke kita.”

“Hah? Ngasih tahunya kek mana, Mak?”

“Ini cerita turun temurun di dusun kita, Nak. Kita orang Dusun Dalam Bathin VIII Sarolangun, percaya kalau ada yang ngetuk ngetuk pintau atau jendela kita di malam hari, itu Hantu Mangun yang melakukannya. Biasanya tak lama setelah itu, kita dapat kabar bahwa ada orang dekat kita yang meninggal.”

“Berarti Hantu Mangun itu baek, kan, Mak?”

“Baek lah kayaknya. Tapi sebaik-baik hantu atau jin, kan sejahat-jahat manusia, Nak. Kamu kok nanya soal Hantu Mangun? Mak kan dak pernah cerita…”

“Bapak yang cerita. Katanya kalau anak nakal sering diculik Hantu Mangun di waktu Magrib.”

Mak Zaki terdiam. Berpikir sejenak.

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----