Al Haris: Kedepan Kita Dorong Ponpes Berbasis SMK ~ KORANJAMBI.COM

Selasa, 20 Oktober 2020

Al Haris: Kedepan Kita Dorong Ponpes Berbasis SMK

ponpes berbasis smk

Koranjambi.com, Keberadaan pondok pesantren (ponpes) di Provinsi Jambi, ternyata menjadi perhatian serius calon gubernur Jambi nomor urut 3, Al Haris. Dirinya menyebutkan, jika ia sangat mendukung berkembangnya pondok pesantren di Jambi. 

Untuk itu dalam visi-misinya, pasangan Haris-Sani juga  memiliki program bantuan operasional untuk ponpes dan mendorong ponpes berbasis SMK.

Baca Juga : Film Resident Evil : Retribution Antara Manusia, Virus, dan Zombie

Al Haris mengatakan, ponpes berbasis SMK adalah mendidik generasi islam yang terampil dan cekatan untuk bersaing di dunia kerja, namun tetap berpegang teguh pada norma-norma ajaran Islam.

"Kedepan saya kira Ponpes tidak hanya mendidik anak-anak untuk belajar agama saja, tapi juga mendidik anak-anak ilmu dalam bekerja, ada skil dia selama dia belajar di Pondok," kata Al Haris, saat sowan dengan pimpinan Ponpes di kecamatan Batang Asam, Tanjab Barat, Senin (19/10/2020).

Karena itu jika ditakdirkan Allah menjadi gubernur Jambi, Al Haris memastikan bakal mendorong terbentuknya pondok pesantren berbasis SMK.

"Kan banyak bantuan workshop SMK disitu tinggal lagi pemerintah mengisinya, membantu pembiayaan untuk belajar bagi mereka," sebutnya. 

Al Haris melanjutkan, jika pesantren berbasis SMK sudah terbentuk, lulusannya akan memiliki banyak pilihan. Apakah melanjutkan pendidikan kejenjang lebih tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja. 

"Tamat dari pestren ilmu agama dia peroleh, mau kuliah juga boleh untuk bekerja juga sudah ada skill," jelas Al Haris. 

Baca Juga : Opini Musri Nauli : Ajun Arah

Al Haris menyebutkan kedepan Jambi tidak hanya harus dibangun dibidang infrastruktur saja, tapi juga moral dan akhlak. Bahkan terkait konsep pembangunan Jambi kedepan dirinya juga meminta pandangan, arahan dan masukkan dari MUI dan Lembaga Adat. 

"Itu juga saya memilih Abdullah Sani menjadi wakil saya, saya umara seorang birokrat dan Abdullah Sani ulama yang fokusnya banyak ke pendidikan dan keagamaan," kata Al Haris.(*)