Tips Aman Berkendara Dalam Kondisi Kabut Asap

Tips Aman Berkendara Dalam Kondisi Kabut Asap
Tips Aman Berkendara Dalam Kondisi Kabut Asap.(foto: Dokumen Honda)

Jambi, koranjambi.com – Seperti yang diketahui, Provinsi Jambi saat ini sedang dilanda fenomena kabut asap, akibat dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kualitas udara di Jambi menjadi tidak sehat dan jarak pandang dikategorikan buruk. Maka dari itu, Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen), Agung Sanjaya akan berbagi tips dalam berkendara pada kondisi kabut asap.

1. Rencanakan perjalanan anda.
Dengan melakukan perencanaan perjalanan seperti memilih rute yang lebih cepat, atau terbebas macet dapat menurunkan potensi kita mengalami bahaya saat berkendara di kondisi jalan yang berkabut.

2. Jaga jarak aman.
Selalu jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain didepan agar kita dapat menghindari bahaya yang berkemungkinan datang dari depan kita.

3. Jaga kecepatan.
Saat melintasi jalan berkabut, hindari untuk berkendara dengan kecepatan tinggi karena jarak pandang kita akan terganggu akibat kabut yang menutupi jalan.

4. Cari tempat aman.
Jika kabut sangat tebal dan sangat mengganggu jarak pandang kita, sebaiknya berhenti dan menepi terlebih dulu. Carilah tempat yang paling aman dan jauh dari sisi jalan. Jangan memaksakan diri untuk tetap berkendara karena ini terlalu berisiko.

5. Tingkatkan Konsentrasi Dan Kewaspadaan
Dengan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, akan lebih bisa dengan cepat tanggap memperhatikan keadaan yang ada di sekitarnya. Pastikan untuk tetap berada di batas kecepatan yang wajar jangan terlalu cepat memacu sepeda motor.

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----