Berita  

Ini Bahaya Sakit Maag Jika Dibiarkan dalam Waktu Lama

Koranjambi.com, Penyakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Penyakit ini timbul, karena lambung mengalami peradangan. Penyebabnya bisa karena infeksi bakteri, alkohol, stres berkepanjangan, masalah sistem kekebalan tubuh, hingga obat-obatan.

Teryata, sakit maag juga bisa menimbulkan penyakit berbahaya lainnya. Karenanya, maag kronis perlu diwaspadai karena bisa membahayakan kesehatan penderitanya.

Maag akut biasanya berlangsung sekitar 2-10 hari. Sedangkan, maag kronis dapat dialami penderitanya selama berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun, jika tidak mendapat penanganan yang tepat.Saat mengalami peradangan, lapisan lambung akan kehilangan sel-sel yang melindunginya. Maag kronis yang berlangsung lama dapat menyebabkan lapisan lambung mengalami pengikisan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat berlanjut pada bahaya maag kronis yang lebih parah, seperti tukak lambung, perdarahan, bahkan kanker lambung.

Baca Juga : Perampok 2,5 kg Emas Gunakan Uang Hasil Jarahannya Untuk Investasi

Ada tiga jenis maag kronis yang biasa terjadi. Masing-masing penyebabnya dapat meningkatkan risiko bahaya maag kronis jika tidak mendapatkan perawatan.

1. Maag kronis tipe A

Maag kronis tipe A disebabkan masalah autoimun, tepatnya sistem imun malah menghancurkan sel lambung. Hal ini dapat meningkatkan risiko bahaya maag kronis, seperti kekurangan vitamin, anemia, dan kanker.

2. Maag kronis tipe B

Maag kronis tipe B disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. Pylori). Tipe ini dapat meningkatkan risiko bahaya maag kronis berupa tukak lambung, tukak usus, dan kanker.Tipe B merupakan tipe maag kronis paling umum. Tidak jarang, penderita maag kronis tipe B sudah terinfeksi bakteri H. Pylori sejak kanak-kanak dan mungkin tidak merasakan gejala signifikan dalam waktu lama.

3. Maag kronis tipe C

Maag kronis tipe C disebabkan oleh zat-zat kimia, misalnya penggunaan obat-obatan NSAID, seperti aspirin dan ibuprofen, dalam jangka panjang. Penyebab lainnya adalah konsumsi alkohol berlebih dan refluks cairan empedu. Dalam jangka panjang, maag kronis tipe C dapat menyebabkan bahaya maag kronis berupa pengikisan lapisan lambung dan perdarahan.Selain ketiga tipe tersebut, masih ada penyebab maag lainnya yang kurang umum, seperti maag karena kekurangan protein atau maag yang muncul bersamaan dengan kondisi alergi, misalnya eksim atau asma.Kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau gagal ginjal, juga dapat menjadi penyebab maag kronis. Demikian pula saat terjadi pelemahan imun tubuh dan stres berkepanjangan yang turut melemahkan sistem imun.

Ada sejumlah risiko bahaya maag kronis yang harus Anda waspadai jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu lama. Berikut adalah beberapa bahayanya.

Selengkapnya Baca jambiseru.com

Jambiseru.com – Berita, jambi, nasional, lifestyle, entertainment, film, musik

The post Ternyata Sakit Maag Juga Bisa Timbulkan Penyakit Ini appeared first on Jambiseru.com.

source https://www.jambiseru.com/berita/2020/28/10/ternyata-sakit-maag-juga-bisa-timbulkan-penyakit-ini

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----