Upaya Penghijauan Dalam Rangka Mengatasi Global Warming : Mahasiswa KKN UIN STS Jambi Tanam 1000 Bibit Pohon

Mahasiswa KKN UIN STS Jambi Tanam 1000 Bibit Pohon
Anggota posko 26 gel 2 kuliah kerja nyata Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.(foto: ist)

Koranjambi.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi, Posko 26, Gelombang 2, mengambil inisiatif yang luar biasa untuk memperbaiki lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global (Global Warming). Mereka telah melakukan upaya penghijauan yang sangat mengesankan dengan menanam 1000 bibit pohon di Desa Benteng Rendah, Kabupaten Batanghari.

Dalam sebuah era di mana pemanasan global menjadi tantangan utama bagi manusia, upaya untuk melestarikan dan memperbaiki lingkungan sangat penting. Mahasiswa KKN UIN STS Jambi, yang tergabung dalam Posko 26, Gelombang 2, telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana pemuda Indonesia dapat berkontribusi secara aktif dalam menjaga alam.

Upaya penghijauan ini adalah bagian dari salah satu program kerja unggulan mereka yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan memberdayakan masyarakat setempat. Desa Benteng Rendah, yang terletak di Kabupaten Batanghari, dipilih sebagai lokasi penanaman pohon karena memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu sumber oksigen bagi wilayah sekitarnya.

Pada hari pelaksanaan, mahasiswa KKN tersebut dengan semangat tinggi berkumpul di Desa Benteng Rendah. Mereka membawa bersama mereka 1000 bibit pohon yang bervariasi, termasuk jenis-jenis pohon lokal yang tumbuh subur di wilayah tersebut. Penanaman pohon dilakukan secara kolektif, melibatkan warga desa dan petani setempat.

Selain menanam pohon, mahasiswa juga memberikan edukasi kepada masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga dan merawat lingkungan. Mereka membagikan informasi tentang cara merawat pohon-pohon yang baru ditanam dan bagaimana pohon-pohon tersebut akan memberikan manfaat jangka panjang, seperti peningkatan kualitas udara, perlindungan dari erosi tanah, dan menciptakan habitat bagi berbagai jenis satwa liar.

Tidak hanya itu, proyek ini juga membantu menciptakan kesadaran sosial di antara masyarakat Desa Benteng Rendah. Ini adalah contoh nyata bagaimana kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat lokal dapat menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan.

Mahasiswa KKN UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Posko 26, Gelombang 2, telah memberikan teladan yang luar biasa melalui upaya penghijauan ini. Mereka bukan hanya mengurangi dampak perubahan iklim tetapi juga telah membantu membangun komunitas yang lebih kuat dan peduli lingkungan.

Semoga upaya penghijauan ini menjadi inspirasi bagi orang lain di seluruh negeri untuk melakukan tindakan nyata dalam melindungi dan merawat lingkungan. Kita semua memiliki peran dalam menjaga keberlanjutan alam, dan dengan kerja keras dan kerjasama, kita dapat mencapai lingkungan yang lebih hijau dan berkelanjutan untuk generasi mendatang. (M Ridho)

 

*) Penulis merupakan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----