Mahasiswa PG-PAUD Unja Adakan Sosialisasi Parenting Perihal Pentingnya Pengetahuan Orang Tua Dalam Penerapan Pola Asuh Anak Usia Dini di Pulau Betung

PG-PAUD Unja
Mahasiswa PG-PAUD Unja Adakan Sosialisasi Parenting Perihal Pentingnya Pengetahuan Orang Tua Dalam Penerapan Pola Asuh Anak Usia Dini di Pulau Betung.

Jambi, koranjambi.com – Mahasiswa PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi (Unja) melakukan kegiatan kemanusiaan dengan mengadakan sosialisasi parenting perihal “Pentingnya Pengetahuan Serta Peran Orang Tua Dalam Penerapan Pola Asuh Anak Usia Dini”.

Program sosialisasi kemanusiaan ini dilakukan di Desa Pulau Betung, RT 06, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi, Sabtu (18/11/2023) lalu.

Acara sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa, serta keluarga besar PAUD Cahaya Bunda, serta TK Nurul Falah dan masyarakat Desa Pulau Betung. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan mengenai pentingnya pola asuh yang baik untuk proses perkembangan anak.

Pola asuh merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak dengan tujuan untuk mendidik, membimbing, melindungi, dan mendisiplinkan anak untuk mencapai proses kedewasaan sampai membentuk perilaku anak yang sesuai dengan norma dan nilai yang baik.

PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
Mahasiswa PG PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Mayoritas orang tua di Pulau Betung masih minim pengetahuan tentang bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar, karena di temukan masih banyaknya orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter dan abai kepada anaknya, hal tersebut di latarbelakangi oleh kurang nya pemahaman orang tua tentang pola asuh yang baik, selain itu di desa Pulau Betung juga belum pernah mengadakan sosialisasi parenting yang melibatkan orang tua langsung.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar atas adanya partisipasi langsung dari pihak desa maupun masyarakat setempat dan kegiatan ini di dukung langsung oleh dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Anak Dalam Keluarga oleh Ibu Winda Sherly Utami, M.Pd. dan dilaksanakan langsung oleh lima orang siswi semester 3 Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi.

Selama kegiatan berlangsung mendapatkan respon baik dari masyarakat Pulau Betung dan masyarakat sangat antusias memberikan tanggapan dan beberapa pertanyaan serta menjawab kuis yang diberikan mengenai sosialisasi parenting. Atas terlaksananya kegiatan ini mahasiswi sangat berterimakasih kepada Dosen Pengampu Ibu Winda Sherly Utami, M.Pd atas bimbingannya dan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. (*)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----