Wakili Bupati Batanghari, Camat Pemayung Hadiri Sosialisasi Forum Pengawasan Partisifatif Bawaslu

Wakili Bupati Batanghari, Camat Pemayung Hadiri Sosialisasi Forum Pengawasan Partisifatif Bawaslu

Batanghari, koranjambi.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Batang Hari melaksanakan sosialisasi forum warga pengawas partisipatif unsur masyarakat pada tahapan kampanye pemilihan umum serentak tahun 2024, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan tersebut berpusat dihalaman pondok pesantren Irsyadul Ibad, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batang Hari dan turut dihadiri oleh Camat Pemayung, Kadis PMD, Kadis Kominfo, Bawaslu Provinsi, Pimpinan Ponpes Irsyadul Ibad, Kades dan Perangkat Desa serta Lembaga Organisasi media yang ada dikabupaten Batang Hari.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Kabupaten Batanghl Hari Kaspun Nazir S,Hum,M Hum, mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pengawasan Pemilu secara partisipatif untuk mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2024 dan mengenalkan Lembaga Bawaslu kepada masyarakat.

“Dalam Pemilu ada lembaga-lembaga negara penyelenggara Pemilu diantaranya KPU, bertindak sebagai selayaknya Panitia dan ada Bawaslu, yang kurang lebih bertugas untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu, ada juga lembaga DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) yang mana DKPP adalah sebagai wasit dalam Pemilu,” kata Nazir.

Ia juga berharap, semua elemen masyarakat, ormas dan lembaga-lembaga lain yang ada di kabupaten Batang Hari agar ikut serta menjadi pengawas partisipatif.

“Agar Pemilu 2024 nantinya berjalan lancar, mari sama-sama kita awasi. Bersama Bawaslu mari kita tegakkan keadilan Pemilu,” harapnya.

Ditempat yang sama Bupati Batanghl Hari diwakili Camat Pemayung Syarifudin mengatakan, saat ini pihak Bawaslu sudah melakukan sosialisasi di tempat-tempat terbuka yang tidak lagi di Gedung tertutup.

“Kini tuh Bawaslu Kabupaten Batang Hari mengadakan di pesantren-pesantren, jadi lebih menyasar langsung ke unsur masyarakat. Kalau di hotel itu memang kondisinya dingin, tapi kalau dingin tuh biasanya banyak yang ketiduran. Kalau di pondok pesantren ini walaupun panas, karena letaknya di pondok pesantren jadi bawaan hati kita itu adem, mudah-mudahan kegiatan ini diberkahi oleh allah SWT,” Ucap Camat Pemayung.

Disebutkan Syarifudin bahwa pengawasan Pemilu itu memang jadi tupoksi Bawaslu, tapi tidak sertamerta Bawaslu dapat melakukan pengawasan itu secara menyeluruh karena keterbatasan anggota.

“Sehingga pengawasan itu minta tolong dengan kita kepada seluruh masyarakat. Kepada rekan-rekan media, LSM, datuk-datuk Kades dan juga tokoh-tokoh masyarakat, bagaimana Pemilu 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, jujur dan adil dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan amanah,” Jelas Syarifudin. (nda)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----