Yamaha Diduga Pakai Mesin Ilegal Saat MotoGP Spanyol ~ KORANJAMBI.COM

Jumat, 06 November 2020

Yamaha Diduga Pakai Mesin Ilegal Saat MotoGP Spanyol

yamaha diduga pakai mesin ilegal saat balapan

Koranjambi.com, Dada awal musim MotoGP 2020, Yamaha memang dilanda masalah teknis. Valentino Rossi dan Franco Morbidelli sempat gagal finis gara-gara mesin motornya bermasalah di dua balapan yang digelar di Jerez. Analisis yang dilakukan pada saat itu mengaitkan masalah pada katup dari pemasok sekunder.

Karena aturan pembekuan mesin, Yamaha tidak dapat membuka segel mesinnya untuk sepenuhnya memperbaiki hal ini. Meski, Yamaha sempat meminta dengan alasan keamanan untuk melakukan hal ini ke pabrikan lain, tapi membatalkan permintaan tersebut. Untuk mengatasinya, sejak balapan di Jerez, diketahui bahwa pebalap Yamaha menggunakan mesin yang sedikit dibatasi demi menghindari masalah berulang.

Kini, Yamaha sedang diselidiki karena diduga menjalankan mesin untuk balapan, padahal mesin sampel yang diserahkan ke direksi teknis MotoGP untuk homologasi tidak terdapat katup.

Kabar mengenai Yamaha di MotoGP diduga menggunakan mesin ilegal, diembuskan oleh laman Autosport jelang digelarnya MotoGP Eropa. Hal ini membuat yamaha di MotoGP sedang diselidiki, pihak yamaha sendiri belum mengomentari penyelidikan tersebut.

Jika terbukti bersalah, sanksi bisa berdampak besar pada harapan juara Yamaha. Padahal, tiga pebalap Yamaha seperti Quartararo, Vinales, dan Morbidelli memiliki selisih poin yang tipis dengan pemimpin klasemen saat ini.

Baca Juga : Tradisi Neres, Ritual Wanita Mandi Bersama di Sungai, Simak Videonya

Keempat pebalap Yamaha telah membuka lima mesin yang dialokasikan musim ini. Vinales dinilai paling kesulitan karena menggunakan mesin keempat dan kelima dengan jarak tempuh yang paling jauh. Jika Vinales terpaksa membuka segel mesin keenam dalam tiga balapan terakhir, pebalap asal Spanyol tersebut harus start dari pitlane.(*)


Sumber : detik.com