Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka, Ini Tips Dalam Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi

pendaftaran snmptn 2021

Koranjambi.com, Usai kelulusan pendidikan menengah atas, banyak orang tua yang menginginkan anaknya melanjutklan pendidikannya ke perguruan tinggi negeri. Hari ini, Senin (15/2/2021) Pendaftaran SNMPTN 2021 dibuka, pukul 15.00 WIB melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Ada beberapa tips jitu agar kamu tidak salah pilih dalam menentukan jurusan. Simak pembahasannya dibawah ini.

Pilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat

Dalam memilih jurusan, sebaiknya sesuaikan dengan minat dan bakat kamu, karena ini dapat mendorong prestasi kamu di kampus nantinya. Selain itu, minat dan bakat juga akan memperlancar jalannya perkuliahan, dikarenakan persaingan itu ada bukan cuma saat seleksi masuk, tetapi juga berlangsung saat kuliah hingga wisuda nantinya.

Tetap Realistis

Disamping minat dan bakat, jangan lupa untuk tetap realistis dalam memilih jurusan. Pilihlah jurusan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Ukur kembali kemampuanmu dalam bidang ilmu yang ingin ditekuni. Kalau kemampuan mumpuni serta minat dan bakatnya juga mendukung, enggak perlu ragu untuk mengambil jurusan kuliah tersebut.

Berikut Cara Daftar SNMPTN 2021

  1. Melakukan login di portal LTMPT portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi. 
  2. Mengisi kelengkapan data orang tua pada halaman 'Profil' yang terdiri atas 'Penghasilan Orang Tua' dan 'Jumlah Tanggungan Orang Tua'.
  3. Melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan program studi yang dipilih pada halaman 'Pilihan'. Pilih salah satu PTN/politeknik negeri. Jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asal. Jika memilih satu, maka PTN pilihan bisa berada di provinsi mana pun. Disarankan tidak lintasminat.
  4. Mengisi portofolio sesuai kebutuhan program studi. 
  5. Mengisi prestasi pada halaman 'Prestasi' (tidak wajib).
  6. Melakukan finalisasi pada halaman 'Finalisasi'.
  7. Mengunduh dan mencetak kartu registrasi. Kartu registrasi yang diunduh ini adalah kartu untuk pendaftaran SNMPTN 2021.

(*)


sumber kumparan.com