Arung Jeram Resmi Dipertandingan di PON XXI Aceh-Sumut, Ini Cabang Yang Dilombakan

Koran Jambi, Kabar bahagia datang dari pecinta olahraga Arus Deras. Pasalnya, cabang arung jeram dinyatakan resmi dipertandingkan di PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024. Keputusan ini berdasarkan SK KONI Nomor 120 Tahun 2022.

Info ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) Mayor Jenderal TNI Mar (Purn.) F. Saud Tambatua dalam Rapat Kerja Nasional (Rakenas) FAJI 2022 di Kampoeng Kita Resort, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (29/11/2022) malam.

PON Aceh-Sumut nanti akan jadi penampilan perdana cabor arung jeram di multieven nasional. Mengenai venuenya masih akan dibicarakan lebih lanjut.

“Ini hajatan besar karena kalau PON 2024 nanti dipertandingkan, maka ini akan jadi kali pertama arung jeram diperlombakan di multieven nasional. Sehingga seluruh pengprov, khususnya FAJI Aceh harus mulai dari sekarang untuk mengawal pelaksanaan PON lebih serius lagi. Sebab dengan dipertandingkannya di PON, ada “side effect” yang lebih besar lagi bagi pengprov. Karena mereka dan Konida bisa bersinergi dan lebih menggeliatkan lagi kegiatan-kegiatan di daerah,” kata Saud.

Saud mengatakan diperlukan satu suara, untuk visi, misi, dan persepsi terutama terkait aturan babak kualifikasi. Misalnya, masalah perpindahan atlet, penentuan waktu dan tempat pelaksanaan babak kualifikasi PON yang harus digelar pada tahun depan.

Tim Pokja PON Cabang Arung Jeram, RA Amalia Yunita mengatakan cabang ini diberikan kuota PON sebesar 64 atlet putra dan 64 atlet putri. Dengan kategori lomba R4 dan R6 putra dan putri kelas open.

“Nomor perlombaannya sprint, head to head, slalom, dan down river race. Total, masing-masing ada 16 mendali untuk kategori R4 dan R6 yang akan diperebutkan di PON 2024 mendatang,” katanya.

Mengenai sistem kualifikasi PON 2024, persyaratan satu nomor dipertandingkan minimal harus diikuti oleh lima tim peserta (pengprov). Kemudian, kuota PON yang akan diperebutkan pada babak kualifikasi untuk kategori R6 hanya 10 tim, sementara untuk kategori R4 11 tim. Jumlah tersebut diluar keikutsertaan tuan rumah, Aceh dan Sumut.

Setiap provinsi hanya diperbolehkan mengikuti dua nomor di tiap kategori. Tidak boleh memilih nomor yang sama di tiap kategori. Misalnya kalau R4-nya memilih turun di sprint dan head to head, maka pada nomor R6 harus turun di slalom dan down river race.

Kemudian Prakualifikasi PON akan dibagi dalam zonasi yang terbagi dalam tiga wilayah, yakni Barat (Sumatera), Tengah (Jawa-Bali), dan Timur (Kalimantan, Maluku, Papua, dan Sulawesi). Untuk tuan rumah Prakualifikasi PON di wilayah Barat akan digelar di Sumatera Barat, kemudian di wilayah Tengah di Jawa Tengah, dan Sulawesi Utara akan menjadi tuan rumah wilayah Timur. (ris)

Sumber : http://rri.co.id

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----