Vaksin Sinovac Akan Kadaluarsa, Apakah Sudah Habis Digunakan?

vaksin sinovac tahap 1 akan kadaluarsa


Koranjambi.com, Vaksin Sinovac tahap pertama yang masuk ke Indonesia akan segera memasuki masa kadaluarsa. Hal ini dibenarkan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Wiko Adisasmiito, dia mengakatan kalau vaksin ini akan masuk kadaluarsanya tanggal 25 Maret 2021.

“Vaksin yang akan mendekati masa habis pakainya yakni vaksin Coronavax pengiriman batch pertama siap pakai telah didistribusikan sejak Januari lalu. Dan diberikan dalam tahapan vaksinasi pertama kepada tenaga kesehatan dan kedua kepada petugas pelayanan publik sehingga vaksin tersebut telah habis digunakan,” katanya, Rabu (17/3/2021).

Dikutip dari okezone.com, Wiko menjelaskan jumlah vaksin Sinovac tahap pertama sebanyak 3 juta dosis, dan didatangkan ke indonesia pada Desember 2020 lalu.

“Vaksin tersebut telah habis digunakan, karena penggunaanya sejak Januari 2021 termasuk kepada presiden, 1,45 juta tenaga kesehatan dan 50.000 petugas pelayan publik,” tambahnya.

Sementara itu vaksin yang saat ini digunakan adalah vaksin Sinovac yang didatangkan dalam bentuk bahan baku atau bulk.

“Vaksin yang saat ini digunakan adalah vaksin yang datang dalam bentuk bulk. Kemudian diproses oleh PT Bio Farma dan saat ini digunakan untuk lansia dan petugas pelayanan publik,” ujar jubir penanganan Covid-19 ini.

Wiku menegaskan bahwa pemerintah tentunya memperhatikan semua detail dan teknis terkait vaksin. Termasuk masa pakai vaksin tersebut. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia yang akan mendapatkan vaksin tersebut.

“Sehingga saya sampaikan untuk masy tidak panik karena pemerintah memastikan produk yang diberikan kepada publik yang aman, halal, dan berkualitas,” pungkasnya.(*)