Wali Kota Jambi Larang Warga Isoman Di Rumah



Koran Jambi, Walikota Jambi Syarif Fasha, memberikan arahan kepada lurah dan camat  se Kota Jambi, terkait penanganan Covid-19, Selasa (17/8/2021).

Pengarahan ini dilakukan usai upacara peringatan HUT RI ke-76 di Balaikota Jambi.

Fasha Menjelaskan, Tim Satgas di tingkat kelurahan dapat melakukan penjemputan terhadap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih isolasi mandiri (isoman) di rumah.

“Saat ini banyak kasus kematian berasal dari isoman. Camat ataupun Lurah bisa setengah paksa memindahkan masyarakat yang masih isolasi mandiri di rumah ke rumah isolasi yang telah disediakan Pemkot Jambi,” tegas Fasha.

Saat ini masih banyak tersedia ruang kosong di rumah isolasi yang disedikan Pemkot Jambi dan jajarannya, tambah Fasha.

“Tanpa pandang bulu, semua masyarakat yang masih isolasi mandiri di rumah, harus dipindahkan ke rumah isolasi. Minta data ke Puskesmas, ajak Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” jelas Fasha kepada para camat dan lurah yang hadir.

Jika nantinya tak ada pergerakan dari lurah dan camat terkait hal ini, Fasha mengancam akan mengevaluasi mereka.

"Kami melakukan penegasan kepada lurah untuk menjemput atau mengajak warga yang terkonfirmasi positif yang masih isoman di rumah," timpalnya.

Fasha juga menegaskan bahwa pasien positif Covid-19, tidak diizinkan lagi untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. 

"Saya tidak perbolehkan lagi ada isolasi mandiri di rumah," tambah Fasha.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat Kota Jambi, agar langsung melaporkan diri saat mengalami gejala Covid-19.

"Jadi kami ingatkan kepada masyarakat jangan memutuskan sendiri untuk isolasi mandiri. Tetapi itu keputusan ada di tangan tenaga kesehatan dan puskesmas," bebernya.

Fasha menambahkan bahwa seluruh fasilitas di rumah isolasi yang disiapkan Pemkot Jambi serta pelayanan kesehatannya bersifat gratis.

"Dan kami instruksikan kepada lurah dan camat untuk sedikit memaksa masyarakat untuk melaksanakan isolasi di rumah isolasi yang sudah kami siapkan. Gratis tidak dipungut biaya apapun," jelasnya.

"Makannya gratis, vitamin obat obatan gratis semua gratis. Pelayanan juga disana ada perawat dan dokter standby di sana," tukasnya.(*)


Sumber jambi-independent.co.id