Gubernur Jambi: Kepala Sekolah SMA se-derajat Minimal S2

Rakor Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se Provinsi Jambi
Gubernur Jambi, Al Haris Pimpin Rakor Kepala Sekolah SMA, SMK, SLB di Jambi Wilawah Barat. Senin (07/02/2022).foto:ist

Koran Jambi, Gubernur Jambi, Al Haris mendorong penyetaraan kualifikasi pendidikan minimal S2 untuk Kepala Sekolah se-Provinsi Jambi. Hal ini dikemukakannya pada acara Rapat Koordinasi Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se Provinsi Jambi khusus Wilayah Barat, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (07/02/2022).

“Saya melihat Kepala Sekolah masih banyak yang S1, kedepan kita akan lakukan penyetaraan kualifikasi pendidikan minimal S2 dengan membuatkan MoU bersama Universitas Negeri Jambi dan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifuddin. Mengenai biaya akan kita anggarkan pada APBD,” ujar Al Haris.

Al Haris menyampaikan, pemerintah dan para pendidik haruslah menyatukan visi dan misi karena dunia pendidikan ini harus terarah dan terukur sehingga program program yang ada pada sekolah sejalan dengan program pemerintah.

“Saya ingin satu arah, satu kebijakan dan satu visi misi, karena SMA/SMK ini adalah mesin distributor persiapan siswa memasuki perguruan tinggi, maka fase-fase ini haruslah kita urus dengan baik. Anak-anak kita sedang berada pada fase pertumbuhan, dan mengalami perubahan yang luar biasa, fase ini membutuhkan perhatian kita semua,” ujar Al Haris.

Baca Juga Sekda Provinsi Jambi Pimpin Rakor Antisipasi Lonjakan Covid-19

Al Haris meminta kepada seluruh kepala sekolah untuk menjabarkan visi Misi Gubernur Jambi, supaya bisa satu tujuan, satu kebijakan dan satu visi misi dalam membangun Jambi kedepan. Dari tiga misi tadi, Fokusnya yaitu Peningkatan SDM. Pemerintah Provinsi Jambi akan bekerja sama dengan LPMP khusus untuk Uji Kompetensi Kepala Sekolah.

Direktur Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kemendikbud Ristek Dr. Yaswardi memberikan apresiasi kepada Gubernur Jambi yang secara langsung memberikan arahan secara teknis dalam rangka membangun pendidikan yang lebih berkualitas lagi kedepannya.

“Kita berbicara pendidikan berkualitas dalam konteks merdeka belajar. Ada dua hal, pertama pendidikan yang merata dan kedua adalah pendidikan berkualitas. Apa yang telah disampaikan Bapak Gubernur Jambi sudah sangat tepat sekali, ada persyaratan minimal S2 untuk kepala sekolah, itu suatu hal yang sangat strategis bagi kepala sekolah berasal dari guru yang profesional diberikan kesempatan berkarir,” kata Yaswardi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan Rapat Koordinasi Sesi ke-tiga ini dihadiri Kepala Sekolah dari Kabupaten Muaro Bungo, Tebo, Merangin, Sarolangun, Kerinci dan Sungai Penuh dengan Jumlah Peserta Sebanyak 214 Peserta Kepala Sekolah SMA, SMK, Dan SLB Negeri maupun Swasta, dengan tujuan mendengarkan arahan Gubernur Jambi terkait dengan tata kelola sekolah untuk di implementasikan di sekolah masing masing.(red)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----