Jelang Idul Adha, Wabah PMK Pada Hewan Ternak di Batanghari Terus Bertambah.

Koran Jambi, Batanghari- Mendekati hari raya idul adha atau yang biasa disebut dengan hari raya kurban, wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Batanghari terus bertambah.

Hal tersebut di himpun dari data Bidang peternakan dan Kesehatan hewan Dinas perkebunan dan peternakan(Disbunnak) Kabupaten Batanghari, Selasa 27/06/2022.

Untuk Kelurahan Teratai, jumlah hewan ternak yang sakit 5 ekor dan sembuh 5 ekor. Kelurahan Rengas condong jumlah hewan ternak yang sakit 4 empat ekor dan semua nya dipotong bersyarat. Desa Pasar terusan jumlah hewan ternak yang terdampak 11 eko, sakit 10 potong bersyarat 1 ekor. Desa Jangga, hewan yang terdampak 3 ekor, masih sakit 1 ekor dan potong bersyarat 2 ekor. kelurahan Kapung baru, jumlah hewan ternak yang terdampak 25 ekor masih sakit 19 ekor, sembuh 2 ekor dan potong bersyarat 4 ekor.

Desa Ampelu mudo, jumlah hewan ternak yang terdampak 12 ekor, masih sakit 9 Ekor, sembuh 2 ekor dan potong bersyarat 1 ekor. Desa Bungku, jumlah hewan ternak yang terdampak 41 ekor, masih sakit 17 ekor ,sembuh 22 ekor, potong bersyarat 2 ekor. Desa Awin, jumlah hewan ternak yang terdampak 2 ekor dan sembuh semua. Desa Bukit kemuning, jumlah hewan yang terdampak 3 ekor sakit dalam kondisi sakit semua.

Desa Sungai Ruan dua, jumlah hewan yang terdampak 7 ekor dalam kondisi sakit semua. Desa Amplu, hewan ternak yang terdampak 3 ekor, dalam kondisi sakit semua. Desa Malapari, hewan ternak yang terdampak 12 ekor dalam kondisi sakit semua. Desa Panerokan, jumlah hewan ternak yang terdampak 10 ekor dalam kondisi sakit semua. Desa kembang paseban, hewan yang terdampak 1 ekor dalam Kondisi sakit dan Desa pematang lima suku, hewan ternak yang terdampak 1 ekor dan masih dalam kondisi sakit.

Dari keseluruhan sumber data tersebut, sampai saat ini memeperlihatkan jumlah hewan yang terdampak PMK dari 15 Desa dan 7 kecamatan sebanyak 140 ekor, yang masih sakit 93 ekor, sembuh 33 ekor, dan potong bersyarat 14 ekor dengan total akumulasi di tujuh kexamatan yakni.

Kecamatan Muara Bulian : jumlah hewan ternak yang terdampak, 32 ekor dan sembuh 5 ekor. Kecamatan Batin XXIV : jumlah hewan ternak yang terampak, 3 ekor. Kecamatan Pemayung : Jumlah hewan yang terdampak 2 ekor dan sembuh semua. Kecamatan Muara tembesi : Jumlah hewan ternak yang terdampak 41 ekor dan yang sembuh 4 ekor. Kecamatan Mersam : Jumlah hewan ternak yang terdampak 4 ekor. Kecamatan Maro sebo ulu : Jumlah hewan ternak yang terdampak 7 ekor. Kecamatan Bajubang : Jumlah hewan ternak yang terdampak 51 ekor, sembuh 22 ekor dan yang terakhir di Maro sebo ilir merupakan wilayah bebas PMK.

Untuk itu dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kasus PMK hewan ternak di kabupaten batanghari, Pemerintah daerah telah menutup pasar ternak sejak 1 juni yang lalu, Kegiatan Aktiv servis hewan ternak tim Unit reaksi cepat(URC) disbunnak terus di lakukan dan pengawasan terhadap lintas hewan ternak pun di perketat , serta di bentuk nya Gugus Tugas PMK Batanghari dan telah di dirikan Pos Pelayanan PMK di sekretariat Dinas perkebunan dan peternakan kabupaten Batanghari. (Cr01)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----