Fadhil Minta Dinkes Cek Peredaran Obat Jenis Sirup di Kabupaten Batang Hari

Koran Jambi, Batang Hari- Menanggapi himbauan Kemenkes mengenai perintah untuk Dinas Kesehatan (Dinkes) setiap daerah melakukan pengecekan terhadap peredaran obat-obatan jenis sirup untuk anak-anak, Bupati Fadhil Ajak Dinkes Batang Hari segera tanggap dengan kasus Gagal Ginjal Pada Anak.

Hal tersebut disampaikan Muhammad Fadhil Arief saat di konfirmasi rekanan media ini, Kamis (20/10/2022). Ia memerintahkan Dinkes untuk mengecek perederan obat tersebut disetiap apotek yang ada di Kabupaten Batang Hari.

“Himbauan dari Kemenkes ini adalah salah satu bentuk antisipasi walaupun itu belum final hasil penelitiannya tentang sirup-sirup mana saja yang akan menimbulkan dampak gagal ginjal tersebut,” Ucapnya.

Sambung Fadhil, apalagi menurut informasi di Jambi sudah ada dua yang meninggal akibat gagal ginjal, jangan sampai terjadi di Kabupaten Batanghari. Walaupun penyebab pastinya belum diketahui tapi ada kecurigaan, kecurigaan penyebabnya dari sirup yang dikonsumsi oleh anak-anak.

Fadhil juga mengatakan anak-anak jaman sekarang lebih cenderung mau mengkonsumsi obat berbentuk sirup karena punya rasa dari pada Pil.

“Untuk itu saya berharap kepada Dinkes Batang Hari mengindahkan himbauan dari Kemenkes dan segera mengecek peredaran obat itu sebab sekarang implementasi sangat penting, untuk edukasi kepada masyarakat kita nanti juga akan minta pihak Dinas PMD menghimbau kepada Kepala Desa di lingkup Pemeritah Batang Hari,” Pungkasnya. (Nda)