Bupati Batang Hari diwakili Sekda Buka Kegiatan GNPIP

Koran Jambi, Batang Hari- Bertempt di halaman kantor Bupati Batang Hari Kegiatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) M Azan.

Dalam sambutan Bupati Batang Hari yang disampaikan oleh Sekda M Azan, ia menjelaskan dalam rangkaian acara tersebut Ada tujuh kegiatan yang dilaksanakan, Jum’at (25/11/2022).

“Yang pertama senam Sehat, Pasar Murah dan pameran UMKM, Sosialisasi Digitalisasi Pertanian, Gerakan Konsumsi Cabai Olahan, Sosialisasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah, Sosialisasi Qris, Akuisisi Qris 1.000 ASN dan masyarakat umum,” Jelasnya.

Dikatakan Sekda, Sesuai dengan arahan Presiden RI perlu dilakukan pengendalian inflasi tinggi melalui 5 langkah diantaranya: Pertama, perkuat identifikasi sumber tekanan inflasi di daerah melalui pemanfaatan data makro dan mikro serta data detail, Kedua,memperluas kerja sama antardaerah (KAD) guna mengurangi disparitas pasokan dan harga antar wilayah.

Ketiga, menurunkan biaya transportasi dengan memanfaatkan fasilitasi distribusi perdagangan antardaerah. Keempat, mengoptimalkan penggunaan anggaran belanja tidak terduga untuk mendukung upaya pengendalian inflasi daerah Dan kelima, mempercepat penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Faktor pemicu inflasi yang sangat rentan adalah kenaikan harga komoditas pangan seperti cabe, minyak goreng, ikan, daging ayam ras, telur, dan bawang putih. Untuk itu Kita harus bersinergi dan kolaborasi dalam pengendelian inflasi ini,” Tegasnya.

Turut hadir dalam acara pimpinan bank cabang Jambi, para unsur Forkopimda, kepala OPD Kabupaten Batanghari serta para pelaku UMKM dan peserta lomba. (Nda)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----