PB FAJI Gelar Kejurnas Arung Jeram di Jawa Timur

Koran Jambi, Probolonggo – Persaingan ketat akan tersaji di Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2022, 30 November hingga 4 Desember 2022, di Sungai Pakelan, Probolinggo, Jawa Timur. Terutama antara tim dari Pulau Jawa melawan tim perwakilan Pulau Sumatera.

“Persaingan pasti ketat. Karena beberapa daerah sudah menyelenggarakan Porprov (pekan olahraga provinsi), sehingga atlet-atletnya sedang masuk dalam peak performanya ini. Apalagi kompetisinya (proprov) tidak terlalu jauh penyelenggaraannya dari Kejurnas ini,” tutur Kabid Kompetisi PB FAJI, Jony Kurniawan, Selasa (29/11/2022).

Persaingan ketat menurutnya akan tersaji, khususnya antara tim Sumatera dan Jawa. Persaingan ini terjadi sejak dulu di level Kejurnas.

“Dari Jawa ada tim Banten, DKI, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur termasuk tim yang kuat kekuatannya sejak dulu di Kejurnas. Lalu untuk Sumatera ada Jambi dan Sumatera Utara.

Sebenarnya ada juga Sumatera Selatan, tetapi di tahun ini mereka tidak ikut serta di Kejurnas. Meski persaingan sengit akan ditunjukkan oleh tim-tim tersebut, tapi pendatang seperti Kalimantan Selatan juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka juga bisa beri kejutan, apalagi mereka baru selesai Porprov,” ujarnya.

Joni menilai Kejurnas ini akan dijadikan daerah-daerah sebagai uji coba kekuatan untuk babak kualifikasi Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara tahun depan. Sehingga, dia melihat tiap daerah akan saling memantau.

“Jadi Kejurnas ini sebagai ukuran daerah untuk mengukur kekuatan jelang babak kualifikasi PON tahun depan. Sekaligus, jadi tolak ukur pembinaan di daerah. Karena perlu diingat, Kejurnas ini juga bagian dari seleksi untuk mencari wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Arung jeram tahun depan. Sebab, tim pemenang dari tiap kategori di Kejurnas ini berhak mengikuti World Rafting Championshop 2023. Contohnya, juara 2019 junior women dari Jawa Barat, mereka tahun lalu yang mewakili Indonesia di Kejuaraan Dunia di Bosnia dan membawa pulang gelar juara dunia dengan raihan 3 medali emas. Ini jadi ukuran daerah untuk kesuksesan pembinaan di daeranya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, kemarin, Ketua Umum PB FAJI F. Saud Tambatua didampingi Sekjen FAJI Hendri C. Wijaya dan pengurus harian memantau persiapan Kejurnas Arung Jeram. Mulai dari penyegaran wasit, hingga langsung memantau start dan finis peserta di Sungai Pakel yang kemarin menjalani sesi latihan resmi untuk nomor sprint. (*)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----