Bupati Fadhil Hadir Acara Puncak Peringat Hari Santri Nasional Tahun 2023

Bupati Fadhil Hadir Acara Puncak Peringat Hari Santri Nasional Tahun 2023

Batang Hari, koranJambi.com – Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief hadiri Puncak peringatan hari santri nasional 2023 yang diikuti oleh seluruh santri pondok pesantren se-Kabupaten Batang Hari, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan tersebut berpusat di halaman Pondok Pesantren Ummul Masakin ini, dihadiri seluruh pimpinan pondok pesantren se-Kabupaten Batang Hari, para ulama dan umaro, para OPD, santri dan tamu undangan lainnya.

Bupati Batang Hari, Muhammad Fadhil Arief saat membacakan sambutan dari Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Yaqut Cholil Qoumas, Hari santri ditetapkan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Di tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’ yang memiliki makna mendalam dari kata jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencangkup perjuangan untuk menguatkan iman memperdalam ilmu dan memperbaiki diri,” ujarnya.

Lanjut Fadhil, Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik. Melainkan juga dapat bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.

“Kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa sangat penting yang memberikan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Fadhil juga mengatakan peringatan hari santri bukan milik santri semata, tapi milik kita semua, milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air.

“Karena itu saya mengajak semua masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan hari santri, merayakan dengan cara Napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia. Mari kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (nda)