Jambi Punya Rumah Tanggap Bencana, Mahdayeni: Misi Kita Kemanusiaan

Jambi Punya Rumah Tanggap Bencana Mahdayeni Misi Kita Kemanusiaan
Mahdayeni (berkacamata depan tengah) bersama anggota yang tergabung dalam Rumah Tanggap Bencana.(foto: dokumen)

Jambi, koranjambi.com – Bencana alam seperti banjir, kerap terjadi di Provinsi Jambi. Awal tahun 2024 ini, hampir semua Kabupaten/Kota yang ada di Jambi terendam banjir. Sebagai bentuk kepedulian, beberapa organisasi di Jambi bergabung membentuk sebuah wadah yang diberi nama ‘Rumah Tanggap Bencana (RTB),’ Jumat (26/01/2023).

Dikomandoi oleh DR Mahdayeni MSi, RTB berdiri dengan misi kemanusiaan, dan tanggap terhadap bencana di wilayah Provinsi Jambi.

Mahdayeni mengatakan, fokus kegiatan RTB ini adalah, koordinasi, mitigasi, rescue, penyaluran bantuan, serta trauma healing pasca bencana.

“Posko ini didirikan untuk membantu korban yang terdampak bencana, siapa saja butuh bantuan akibat bencana, akan kita bantu semampunya,” ujar Mahdayeni.

Pembentukan RTB didukung lembaga atau organisasi yang peduli dengan lingkungan, diantaranya, AOPGI Kota Jambi, Argawana, Bumi Selter Tujuh, Faji Provinsi Jambi, FPTI Pengprov Jambi, Gecinde, Gita Buana Club, Mapala Gema Cipta Persada, Himapastik, KPA Pelangi Biru, Komunitas Seni Anak Jambi, Mapala Dimitri, Mawar Aktivity Club, KPKA Rimba Negeri, KPA Pamalayu, Pelangi Provinci Jambi, Regean Milenial, Satgas SAR Provinsi Jambi, Makopala SWAT, Walhi Jambi, Wanala Elang Gunung, Mapala OASE, serta Bagana.

Adapun Posko Rumah tanggap Bencana ini, berada di Jalan Nias Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Atau berada tepat di depan SD IT Ahmad Dahlan.

Mahdayeni menghimbau pada warga masyarakat yang terdampak bencana, yang butuh bantuan RTB, dapat menghubungi nomor telepon berikut, 085378980885-085366264567.

“Terima kasih pada rekan-rekan yang mau bergabung dalam Posko RTB ini, semoga apa yang kita kerjakan, diridhoi oleh Yang Maha Kuasa,” pungkas Mahdayeni. (ris)