Melalui Dinas PPP, Pemkab Batanghari Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani Lingkup Batanghari

Pemkab Batanghari Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani Lingkup Batanghari
Pemkab Batanghari Serahkan Bantuan Alsintan Kepada Kelompok Tani Lingkup Batanghari.(foto: ist)

Batanghari, Koranjambi.com – Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (PPP) Gelar Acara penyerahan Alsintan serta penghargaan kepada pemenang lomba kelembagaan penyuluhan dan kelembagaan petani tahun 2024.

Alsintan tersebut diberikan kepada petani yang ada di Kabupaten Batanghari dalam mendukung program super tangguh Kabupaten Batanghari dan diserahkan langsung oleh Bupati Muhammad Fadhil Arief, Senin (10/06/2024).

Selain Bupati Batanghari acara tersebut juga dihadiri oleh, Asisten II Setda Batanghari, unsur Forkopimda Batanghari, Para OPD Batanghari, Seluruh penyuluh Sekabupaten Batanghari dan tamu undangan lainnya.

Dikatakan Kepala Dinas PPP, Fahrizal Kegiatan hari dalam rangka pengamanan ketahanan pangan dalam kabupaten Batanghari dan Kegiatan ini merupakan pecahan dari visi misi Bupati Batanghari yang Kmi sandingkan dengan kegiatan satgas anti darurat pangan.

“Penambahan Alsintan ini merupakan urgensi terhadap percepatan tanam untuk mewujudkan target produksi beras dan jagung, dengan Alsintan akan meningkatkan indeks tanam dan produktivitas dengan menekankan biaya produksi,” Kata Fahrizal.

Lanjutnya, Maka yang terpenting lagi pengguna Alsintan akan meningkatkan daya saing pertanian, potensi-potensi lain dalam menggunakan Alsintan adalah dalam mengatasi kelangkaan tenaga kerja.

Ditempat yang sama Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan terlebih kepada jajaran penyuluh dan petani sekabupaten Batanghari.

“Atas kerja keras dan komitmennya dalam membangun sektor pertanian. Prestasi yang ditoreh dalam tiga tahun terakhir telah memberikan manfaat nyata dalam mendukung program pemerintah daerah terutama dalam upaya kita memperkuat ketahanan pangan,” Kata Bupati.

Keberhasilan dalam meningkatkan luas lahan yang ditanam dalam setiap musim tanam dan peningkatan produktivitas lahan merupakan prestasi yang membanggakan.

“Tentunya hal ini sejalan dengan upaya penyediaan komoditas pangan seperti padi, hortikultura, ikan dan ternak yang terus kita dorong karena merupakan kebutuhan dasar kita,” demikian MFA. (ris)