Berita  

Al Haris Mengajak Walhi Untuk Sama-sama Menjaga Hutan Jambi

Koranjambi.com, Calon gubernur Jambi, Al Haris, menyambangi sekretariat Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jambi, di Kelurahan Lebak Bandung, Kota Jambi, Senin (5/10/2020).

Keberadaan Cagub yang diusung PKS, PKB dan PAN ini di sana untuk mengajak kembali Walhi bersama-sama menjaga hutan di Jambi.

Calon gubernur Jambi nomor urut 3 itu menyampaikan tiga point penting dalam program ke depannya. Pertama, ia bertekad akan menyelesaikan konflik di Jambi.

“Kita akan bentuk tim inventarisasi dan penyelesaian konflik. Lalu, melanjutkan program-program yang telah dilakukan HBA,” kata Al Haris.

Tak hanya itu, Al Haris juga akan melakukan pemulihan gambut dengan memastikan areal pertanian tanaman padi oleh masyarakat.

“Kita juga akan mengatasi kebakaran dengan anggaran penanganan kebakaran,” ujarnya.

Dikatakan Al Haris, ke depan Jambi harus memiliki Peraturan Daerah (Perda) Tambang Rakyat.

“Kewenangan hutan dan tambang itu kembali ke daerah agar mudah dikontrol,” sebutnya.

“Kedepan kabupaten/kota nanti bikin BUP, jadi kabupaten-kota yang mengeluarkan. Dengan catatan, boleh tambang rakyat, tidak boleh gunakan mekanikal dan merkuri,” tambahnya.

Sementara itu, Abdullah salah satu pengurus Walhi Jambi mengatakan Walhi secara organisasi tidak bisa memihak ke salah satu kandidat, dan Bapak Al Haris ini adalah orang pertama yang menyambangi sekretariat Walhi

Harapan kami ketika nanti terpilih, izin tambang yang merugikan masyarakat harapan kami di tolak,” kata Abdullah.

Abdullah juga menyampaikan pihaknya berharap, nanti jika terpilih menjadi gubernur Jambi ada agenda-agenda di wilayah yang berbasis komunitas.

Terpisah, Direktur Media Publikasi dan Opini Haris-Sani, Musri Nauli mengatakan, kandidatnya sengaja datang kesini ingin melihat persoalan lingkungan secara utuh, dan interaksi selama ini sudah lama terjalin dengan Walhi Jambi.

Baca Juga : Gara-gara Maling HP Tetangga, Tomi Akhirnya Dibui

“Di dalam pertemuan dia (Al Haris, red) sudah membangun komitmen yang akan ditentukan jika sudah terpilih nantinya,” tutupnya. (*) 

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----