Ini 10 Fakta Menarik Perihal Tim MotoGP Indonesia ~ KORANJAMBI.COM

Sabtu, 24 Oktober 2020

Ini 10 Fakta Menarik Perihal Tim MotoGP Indonesia

10 fakta tim motogp indonesia
Penampakan desain motor yang akan dimiliki oleh Tim MotoGP Indonesia 


Koranjambi.com, Tahun 2021 Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah motoGP. Tak hanya mempersiapkan pembangunan sirkuit, Indonesia juga sudah mempersiapkan tim yang akan berlaga di ajang motoGP nanti. 

Kabar kemunculan Tim Motogp Indonesia diumumkan awal Oktober lalu. Tim ini mendapatkan dukungan dari pemerintah, dan BUMN sebagai sponsor juga sudah merestui Tim MotoGP Indonesia ini.

Berikut fakta-fakta menarik tentang Tim Motogp Indonesia.

1. Digagas oleh Anggota DPR Komisi VI

Kabar Indonesia ikut MotoGP di kelas Moto2 diumumkan pada Jumat (9/10/2020). Tim ini digagas oleh Anggota DPR Komisi VI, Rapsel Ali.

Pada kesempatan tersebut diumumkan bahwa Tim MotoGP Indonesia meminta persetujuan dan dukungan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Menpora Zainudin Amali pun langsung memberikan izin serta dukungannya.

2. Pakai Mesin Triumph

Berpartisipasi di kelas Moto2, Tim MotoGP Indonesia akan mengikuti regulasi Dorna terkait spesifikasi mesin. Semua motor di kelas Moto2 menggendong mesin Triumph berkapasitas 765 cc. 

Mesin tiga silinder 765 cc untuk motor Moto2 itu mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 140 daya kuda pada 14.000 rpm. Mesin itu mampu membawa motor melesat hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam yang telah dicapai Nicolo Bulega di Mugello.

3. Didukung 3 Kementerian

Selain Kemenpora, Tim MotoGP Indonesia meminta restu ke Kementerian Pariwisata dan Kementerian BUMN. Alhasil dua kementerian itu setuju untuk memberikan dukungannya.

Dukungan dari Kementerian BUMN berupa mandat pada BUMN untuk menjadi sponsor dari Tim MotoGP Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Rapsel Ali, Jumat (16/10/2020).

4. Bakal Launching di Hari Sumpah Pemuda

Setelah beragam persiapan selesai, Tim MotoGP Indonesia akan memperkenalannya ke publik. Rencananya Tim MotoGP Indonesia akan diluncurkan secara resmi pada 28 Oktober 2020 dimana bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

5. Akan Punya Duet Rider Lokal dan Asing

Sebagai tim balap yang baru berkecimpung di MotoGP, tim ini belum memiliki ilmu dan pengalaman yang cukup. Untuk itu Rapsel meramu tim dengan campuran tenaga asing baik dari teknisi dan pebalapnya.

Cara ini dipilih agar Tim MotoGP Indonesia bisa memperoleh ilmu dan pengalaman langsung dari ahlinya. Mengenai pebalap, Dimas Ekky menjadi salah satu joki Tim MotoGP Indonesia di kelas Moto2.

6. Ikut Semusim Penuh

Pembentukan Tim MotoGP Indonesia tidak hanya menjadi bintang tamu, yang artinya, Tim ini akan menjadi tim resmi untuk berkompetisi semusim penuh. Semua seri balapan di musim depan akan diikuti, dengan demikian Tim MotoGP Indonesia akan memiliki kesempatan menjadi juara MotoGP kelas Moto2.

Baca Juga : Klasemen Sementara MotoGP, Joan Mir Duduki Posisi Puncak

7. Butuh Biaya Puluhan Miliar

Hingga saat ini Rapsel masih menutup rapat informasi mengenai biaya pembentukan serta keikutsertaannya di MotoGP. 

Sebagai pembanding, di tahun 2018 Giovanni Cuzari pernah membocrokan berapa biaya operasional tim Moto2. Giovanni Cuzari sendiri adalah bos Forward Racing, yang musim ini masih berlaga di Moto2. Dua tahun lalu kepada Crash, Giovanni Cuzari menyebut angka 2,6 juta euro (sekitar Rp 45,1 miliar) biaya yang dibutuhkan untuk operasional tim Moto2 selama setahun.

8. Dinamai Mandalika Racing Team

Tim MotoGP Indonesia menamai timnya menjadi Mandalika Racing Team Indonesia. Nama ini identik dengan lintasan balap yang sedang dibangun di Indonesia dan akan dipakai mulai musim depan.

Mandalika Racing Team Indonesia memiliki visi meningkatkan prestasi dan kesejahteraan pembalap, juri, mekanik Indonesia. Misi utamanya adalah melakukan pembinaan yang berjenjang dan berkesinambungan.

9. Sudah Punya Desain Motor

Melalui akun Instagram @mandalikaracingteam, desain awal motor yang akan dipakai untuk berlaga di ajang motoGP sudah ditampilkan. Dari sisi warna, tim MotoGP Indonesia bakal mengombinasikan warna merah dan putih.

Warna merah disematkan pada area fascia, spakbor depan, tangki, bodi bawah belakang, dan sedikit di area engine guard. Sementara warna putih dilabur di bagian fairing dan seat cover belakang.

10. Disponsori BUMN Raksasa

Tim MotoGP Indonesia yang kini resmi bernama Mandalika Racing Team Indonesia akan didukung oleh BUMN. Tak tanggung-tanggung dukungan yang diberikan BUMN kepada tim ini. 4 BUMN raksasa berkolaborasi membantu Mandalika Racing Team Indonesia.

BUMN tersebut yaitu, Pertamina, Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, dan Pegadaian sudah dipastikan menjadi sponsor tim. Selain itu masih ada satu BUMN lagi yang akan menjadi sponsor, namun namanya masih dirahasikan.


Sumber : detik.com