Opini  

Putra Abdullah Sani..

opini putra abdullah sani

Koranjambi.com, Waktu itu, sekira sepuluh tahunan yang lalu. Beliau pulang agak malam. Saya juga baru pulang dari pengajian. Kami ketemu di dekat meja makan. Saya bilang ke beliau, “Pak, ngaji kitab yang kemarin sudah khatam. Kata pak Ustad nanti ngaji kitab yang baru. Kitabnya kami belum beli.”

Bapak hanya diam. Tapi saya melihat ada rasa bahagia di wajah beliau. Kalau rezeki sedang lapang, kebutuhan mengaji yang saya pinta langsung dipenuhi. Tapi, malam itu beliau hanya jawab dengan nada pelan, “Nanti yo. Paling besok lah ado duit.” 

Dari jawaban itu saya tahu, beliau sedang tidak megang duit. Meskipun waktu itu beliau menjabat sebagai Asisten II Setda Walikota, saya tahu betul keadaan kantong beliau.

Beberapa hari setelahnya, bapak ngasih duit ke saya. Untuk beli kitab yang sebelumnya saya pinta. Dari beberapa lembar uang yang beliau pegang, saya dikasih secukupnya. Dilebihkan sedikit dari nominal yang saya pinta.

Moment itu membuat saya sedikit baper. Hampir mewek tepatnya. Teman saya yang lain, bisa dengan mudah gonta-ganti hp kalau dia minta. Lah saya, beli kitab saja harus nunggu beberapa hari. Apalagi untuk kebutuhan tersier lainya. 

“Angel, Angel… Wes… Angel…” 

Naluri muda saya saat itu kadang bikin baper. Tapi, naluri santri yang ditananamkan kiai saya justru membuat saya bersyukur: Bapak yang sering saya repotin untuk urusan pendidikan dan kebutuhan buku itu, masih memegang prinsipnya.

Saat ini dan ke depan nanti. Meski hanya ngajar “Alif, Ba, Ta,” saya berniat menjadi pendidik. Agar keringat bapak saat cari duit guna memenuhi kebutuhan hidup dan pendidikan saya bisa jadi simpanan beliau alam sana nanti.

Selamat hari santri untuk seluruh santri di Nusantara. Dan terimakasih untuk orang tua yang selalu repot dan lelah demi memenuhi kebutuhan anaknya.(*)

*) Penulis Azki Akhyari, Putra Abdulla Sani

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----