Opini Musri Nauli : Perjalanan Betuah-10 ~ KORANJAMBI.COM

Jumat, 06 November 2020

Opini Musri Nauli : Perjalanan Betuah-10

opini musri nauli perjalanan betuah

Koranjambi.com, Mengikuti roadshow Politik Al Haris di Sungai Bengkal maka kemudian tidak dapat dipisahkan dari tutur ditengah masyarakat. Marga Petajin Ilir. 

Marga Petajin Ilir terdiri dari Dusun Sungai Bengkal, Dusun Muara Ketalo, Dusun Teluk Rendah, Dusun Betung Bedarah, Dusun Sungai Aro dan Dusun Kunangan. Berpusat di Dusun Sungai Bengkal. Dulu masih ada kantor Marga di Dusun Sungai Bengkal yang terletak ditepi Sungai Batanghari. 

Setiap pemangku Dusun dikenal Lurah. Kecuali Dusun Sungai Aro yang diberi gelar Depati. Sedangkan Ngebi adalah perangkat Dusun yang terletak di Kampung. Ada juga disebut sebagai Penghulu Mudo. 

Baca Tulisan Lainnya

Perjalanan Betuah-1

Perjalanan Betuah-2

Perjalanan Betuah-3

Perjalanan Betuah-4

Perjalanan Betuah-5

Sedangkan Kepala Marga disebut Pesirah. 

Marga Petajin Ilir berbatasan dengan Marga Petajin Ulu di Sungai Remaji di pangkalan Belanti. Marga Petajin Ilir berbatasan dengan Marga Tabir Ilir di Keramat Temberas. Dengan Marga Maro Sebo ditandai dengan Sungai Kecil. Dan Marga Tungkal ulu di Bukit Bakar. 

Kata Bengkal berarti batang kayu. Kayu yang kuat. Terletak di Sungai Batanghari.  Sedangkan Ketalo adalah nama Sungai. 

Teluk Rendah terdiri dari Teluk atau tanah yang rendah. Betung adalah nama bamboo. Sedangkan disebut dengan Betung bedarah adalah bamboo yang ketika dipotong mengeluarkan getah yang berwarna merah atau getah bedarah. 

Sungai Aro adalah Sungai yang terdapat Aro. Aro adalah nama kayu. Kunangan yang dikenal “ke laut sepematang itik. Ke darat ke sepematang ayam”. Seloko ini biasanya diletakkan sebagai wilayah yang kecil. 

Istilah “ke laut sepematang itik. Ke darat ke sepematang ayam” yang melambangkan tentang wilayah yang kecil juga dikenal didalam Marga Pelepat, Marga Sungai Tenang dan Batin 6 Sarolangun. 

Di Marga Pelepat dikenal Seloko “Sejalar Peringgi. Sekokok Ayam”. Di Batin 5 Sarolangun mengenal Seloko “Sebiduk luncur. Sekokok ayam. 

Baca Tulisan Lainnya

Perjalanan Betuah-6

Perjalanan Betuah-7

Perjalanan Betuah-8

Perjalanan Betuah-9

Di Marga Sungai Tenang dikenal “tanah irung. Tanah gunting”. Selain itu juga dikenal “tanah ujung batin’. 

Namun Marga Petajin Ilir kemudian menjadi Kecamatan Tebo Ilir. Semua Dusun asal yang termasuk kedalam Marga Petajin Ilir kemudian menjadi Kecamatan Tebo Ilir.Kecamatan Tebo Ilir kemudian mengalami pemekaran menjadi Kecamatan Tengah Ilir dan Kecamatan Muara Tabir. 

Dusun asal yang semula termasuk kedalam Marga Petajin Ilir yang kemudian masuk kedalam Kecamatan Tengah Ilir adalah Dusun Lubuk Mandarsyah. Sedangkan Desa seperti Muara Kilis, Dusun Penapalan, Dusun Sungai Keruh dan Dusun Rantai Api dahulu termasuk kedalam Marga Petajin Ulu. 

Kecamatan Tebo Ilir terdiri dari Desa Sungai Bengkal, Teluk Rendah Ulu, Teluk Rendah Pasar, Desa Betung Bedarah barat, Desa Muara Ketalo, Desa Teluk Rendah Ilir, Desa Betung Bedarah Timur, Desa Kunangan, Desa Sungai Aro, Desa Sungai Bengkal Barat. Berpusat di Sungai Bengkal. 


*) Direktur Media Publikasi dan Opini Tim Pemenangan Al Haris-Sani. 


Baca Tulisan Lainnya

Perjalanan Betuah-1

Perjalanan Betuah-2

Perjalanan Betuah-3

Perjalanan Betuah-4

Perjalanan Betuah-5

Perjalanan Betuah-6

Perjalanan Betuah-7

Perjalanan Betuah-8

Perjalanan Betuah-9