Berita  

Tak Patuh Aturan MotoGP, Yamaha Diberi Sanksi

Koranjambi.com, Hasil investigasi yang dilakukan FIM MotoGP terhadap yamaha, bahwa yamaha motor company tidak mematuhi protokol, yang mana yamaha harus memperoleh suara bulat dari asosiasi produsen olahraga sepeda motor (Motorcycle Sport Manufacturers Association/MSMA) untuk perubahan teknis motornya.

Akibatnya yamaha motor company harus mendapat Sanksi. Berdasar pasal 3.5.5 dari peraturah kejuaraan dunia FIM grand prix, Sanksi ini diberikan karena ada pelanggaran teknis pada mesin yang digunakan yamaha YZR-M1. Adalah Stewards Panel MotoGP FIM yang langsung memberikan sanksi terhadap yamaha.

Seperti diketahui, setiap modifikasi pada mesin balap selama satu musim membutuhkan persetujuan dengan suara bulat dari semua anggota MSMA. Pada awal musim MotoGP 2020, Yamaha menghadapi masalah teknis pada mesin YZR-M1 yang membutuhkan katup pengganti dengan desain baru.

Berita Terkait : Yamaha Diduga Pakai Mesin Ilegal Saat MotoGP Spanyol

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli sempat gagal finis gara-gara mesin motornya bermasalah di dua balapan yang digelar di Jerez. Analisis yang dilakukan pada saat itu mengaitkan masalah pada katup mesin.

Karena alasan ini, Yamaha Motor Company dikurangi 50 poin Konstruktor. Untuk kategori tim, Monster Energy Yamaha MotoGP dikenakan penalti 20 poin dan Petronas Yamaha SRT dikurangi 37 poin. Pengurangan poin konstruktor dan tim Yamaha tersebut berkaitan dengan pelanggaran protokol teknis.

Sementara itu, pebalap Yamaha tidak menerima penalti apa pun. Keempat pebalap Yamaha yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli mempertahankan posisi Kejuaraan Dunia Riders.

Adapun posisi Yamaha dalam kejuaraan Konstruktor dan Tim turun karena penalti ini. Berikut klasemen sementara konstruktor dan tim MotoGP 2020:

CONSTRUCTOR CHAMPIONSHIP:

Ducati – 171

Suzuki – 163

Yamaha – 158

KTM – 143

Honda – 117

Aprilia – 36

TEAM CHAMPIONSHIP:

Team Suzuki Ecstar – 242

Petronas Yamaha SRT – 198

Ducati Team – 180

Red Bull KTM Factory Racing – 157

Monster Energy Yamaha MotoGP – 156

Pramac Racing – 128.

(*)

Sumber : detik.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----