Opini Musri Nauli The Real Winner Pilkada Jambi 2020

opini musri nauli the real winner pilkada jambi 2020

Koranjambi.com, Sembari menunggu hasil penetapan KPU dan kemungkinan besar digugat ke MK, hasil pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jambi 2020 (Pilkada Jambi 2020) menarik untuk diikuti. 

Dari seluruh politisi yang menjadi bagian dari Pilkada Jambi 2020, tentu saja saya menganggap beban yang paling berat adalah H. Bakri. Ketua Koalisi Partai pengusung Al Haris-Sani. 

Sempat menjadi polemic dan menarik perhatian public ketika PAN ternyata tidak mendukung Hj. Ratu Munawarah (RM) sebagai kandidat Wakil Gubernur Jambi 2020. 

Masih ingat didalam perdebatan di media massa, ketika opini yang menulis tentang PAN yang tidak dapat dipisahkan dari keluarga besar Nurdin Hamzah. Dan ketika PAN ternyata tidak mendukung RM sebagai peserta kontestan pilkada Jambi 2020. 

Sempat menjadi polemic yang berkepanjangan dan menarik perhatian masyarakat. 

Tidak dapat dipungkiri, opini kemudian menjadi perhatian public untuk melihat bagaimana ending dari pilkada Jambi 2020. Apabila PAN ternyata gagal mengusung dan memenangkan kandidat yang dipilihnya (baca Al Haris-Sani) maka hipotesis PAN dan keluarga besar Nurdin Hamzah tidak terpisahkan. 

Namun apabila PAN berhasil memenangkan Pilkada Jambi 2020, maka nama besar PAN sebagai partai yang diperhitungkan di Jambi akan berhasil melewati badai besar. 

Berbeda dengan sebagian kalangan yang kemudian hanya melihat “hitam – putih” politik. Bagi saya, angka, data, rekam jejak adalah cara memotret sekalian melihat dan mengukur cara kerja partai. 

Ujian terbesar justru ketika H. Bakri ditunjuk sebagai “komandan” PAN paska Zumi Zola ditangkap peristiwa OTT. 

Dalam rentang waktu yang pendek, menghadapi tekanan public yang besar, proses pemeriksaan hingga persidangan yang tidak dapat dipisahkan dari pemberitaan Zumi Zola dan kemudian menyeret nama partai, H. Bakri harus menghadapi pemilu 2019. 

Bayangkan. Hantaman bak “palu godam”, H. Bakri harus cepat konsolidasi untuk menghadapi pemilu 2019. 

Mengutip tulisan saya sebelumnya yang berjudul “Arah Baru PAN Jambi”, PAN Jambi tetap berkibar. H. Bakri berhasil menjadi incumbent di DPR, kemenangan telak di Tanjabtim dan jumlah tetap kursi di DPRD Provinsi Jambi. 

Sehingga ketika badai pertama dilalui, tentu saja ada beban berat secara politik terhadap H. Bakri. 

Dengan mobilitas tinggi, mengunjungi berbagai tempat, mengawal rapat-rapat koalisi partai Al Haris-Sani, memastikan mesin partai bekerja, menggerakkan seluruh anggota DPRD di seluruh Jambi, H Bakri kerja keras. 

Langkah-langkah politik yang dilakukan H Bakri didukung oleh tim yang satu barisan. Tim barisan yang berhasil melewati badai pertama. 

Kesolidan, kekompakkan bahkan mobilitas dilapangan saya temukan di lapangan. Entah dengan barisan yang rapi, mengunjungi tempat-tempat yang strategis termasuk juga anggota parlemen yang mengawal perjalanan politik (roadshow) Al Haris-Sani membuat saya menjadi terharu. 

Baca Opini Musri Nauli, Dirigen

Mereka bekerja dengan senyap. Mereka melaksanakan mandat partai. 

Dan saya mempunyai keyakinan, memasuki Pilkada Jambi – setelah konsolidasi menjelang pemilu 2019, PAN justru berhasil melewati badai kedua. 

Dan hipotesis kemudian terbukti. H. Bakri berhasil membawa partai koalisi menjadi “The Real winner Pilgub Jambi 2020”. 


*) Direktur Media Publikasi dan Opini Tim Pemenangan Al Haris-Sani.