Al Haris Sangat Perhatikan Terhadap Kemajuan Jurnalis, Perlu Adanya UKW Setiap Tahun ~ KORANJAMBI.COM

Sabtu, 09 Januari 2021

Al Haris Sangat Perhatikan Terhadap Kemajuan Jurnalis, Perlu Adanya UKW Setiap Tahun

al haris perhatian terhadap jurnalis

Koranjambi.com, Gubernur Jambi terpilih, Al Haris, sangat perhatian dengan jurnalis dan media. Demi kemajuan jurnalis di Jambi, Al Haris menilai perlu dilaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW) setiap tahunnya.

Wo Haris -sapaan akrab Al Haris-, menyebut bahwa kemajuan daerah tak terlepas dari kemajuan media. Media sebagai penjaga demokrasi, harus lebih maju agar masyarakat cerdas.

"Salah satu visi media massa adalah mencerdaskan bangsa. Ini tugas berat. Maka SDM media harus dikembangkan demi kemajuan bersama," ungkap 

Wo Haris kepada media beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Dewan Pers telah mewajibkan agar seluruh jurnalis mengikuti UKW untuk mendapatkan sertifikat jurnalis yang telah lulus uji kompetensi. Namun, karena pandemi covid-19, pelaksanaan UKW jadi tertunda di beberapa daerah.

Karena itu, Pemerintah Daerah sudah sepatutnya mendukung program Dewan Pers ini dengan melaksanakan UKW sebanyak-banyaknya agar seluruh jurnalis bisa teruji kompetensinya.

"Bisa saja yang menganggarkan pemerintah, pelaksananya lembaga penguji ataupun organisasi kewartawanan. Intinya, pemerintah harus siap memajukan media massa agar media massa bisa membantu memajukan masyarakat dengan literatur berkualitas," papar Bupati Merangin 2 periode ini.

Melihat betapa tinggi kebutuhan UKW ini bagi kalangan jurnalis, sudah selayaknya diadakan dua kali dalam setahun.

"Atau bisa lebih dari dua kali setahun. Supaya adik-adik jurnalis kita bersertifikat semua," papar mantan staf RRI ini.

Baca Bukti Lemah, Bawaslu Hentikan Kasus Dugaan Netralitas ASN Merangin

Selain UKW, jurnalis juga butuh pelatihan-pelatihan menulis yang dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan. Agar kemampuan menulis dan wawasan jurnalis di Jambi berkembang pesat.

"Kita menyambut industri 4.0, kawan-kawan jurnalis dituntut lebih cepat dan tepat menangkap perkembangan di masyarakat. Ini perlu skill yang tinggi, makanya perlu pelatihan-pelatihan untuk memperkaya kemampuan," tutupnya.(*)