Kinerja dan Sosok Ulama Jadi Alasan Logis Pedagang Pilih Haris-Sani di Pilgub Jambi

 

haris-sani gubernur dan wakil gubernur jambi


Koranjambi.com, Al Haris dan Abdullah Sani, menang telak di Kota Jambi pada Pilgub 9 Desember 2020 lalu. Apa alasan pedagang di Kota ini memilih Haris-Sani, bukan kandidat lain? Ternyata, itu karena kinerja Haris sebagai Bupati Merangin dan sosok ulama Abdullah Sani.

Seperti diungkap Sum (55), pedagang dan penjahit di Kota Jambi. Ia punya alasan logis memilih Haris-Sani ketimbang kandidat lain. 

Kata dia, Haris dinilainya berhasil membangun Kabupaten Merangin selama menjabat sebagai bupati di sana. Sedangkan Abdullah Sani, sosok ulama yang kuat agamanya.

"Haris karena bupati situ berhasil. Wakilnya agamanya bagus," ungkap Sum, kepada media, beberapa waktu lalu.

Di tempat terpisah, Abdul Muthalib (50), pedagang gorengan mengaku hal sama terkait alasan memilih Haris-Sani di Pilgub Jambi. Dia bahkan tak peduli soal money politic saat hari pencoblosan lalu.

"Saya pilih nomor tiga (Haris-Sani), karena Haris itu kerjonyo bagus," tegas Abdul.

Ia juga menegaskan bahwa pilihannya tak dipengaruhi siapapun. Memilih Haris-Sani dari hati bukan karena uang atau iming-iming yang lain.

Sementara, Wati (43), pedagang jeruk peras warga Mayang, mengaku sejak awal sudah menetapkan pilihan ke Haris-Sani. Meski, ada kandidat lain yang mengiming-imingi memberi "siraman" atau "serangan fajar".

Begitu juga Sahyama (53), warga Buluran pedagang nasi uduk. Kata dia, ada kandidat lain yang menawarkan uang untuk memilih, namun ditolaknya.

"Banyak yang iming-iming uang, tapi tak mau. Ikhlas pilih Haris-Sani, menang Alhamdulillah dak menang nak diapokanlah," tutur Sahyama.

Baca positif Covid-19, Cornelis, Syahbandar dan Chumaidi Zaidi Dirawat di Wisma Atlet

Secara pribadi ia mengaku tak mengenal Haris. Tetapi ia dekat dengan istri Al Haris, Hesti.

"Samo Bapak (Al Haris, red) dak kenal, kenalnyo samo Ibuk (Hesti, red)," bebernya.

Untuk diketahui, pada Pilgub Jambi 9 Desember 2020 lalu, Al Haris-Abdullah Sani menang telak di Kota Jambi. Bahkan, keduanya memperoleh suara hingga 52,8 persen dibanding dua kandidat lain.(*)