Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

mengenal ikan cupang jantan dan betina

Koranjambi.com, Berbagai cara dilakukan orang guna mengisi waktu luang saat pandemi ini. Diantara kegiatan yang dipilih dalam mengatasi kejenuhan berada di rumah adalah dengan memelihara ikan cupang. 

Ikan cupang mempunyai warna dan tampilan yang indah, sehingga banyak orang ingin memelihara dan beternak ikan ini. Penampilan dan warna yang indah juga ditentukan dengan jenis kelamin dari ikan cupang ini.

Fadil, seorang warga Kecamatan Paal Merah, Kota jambi, Mengatakan, ada berbagai cara untuk membedakan jenis kelamin ikan cupang ini. disini akan kita bahas perbedaan itu satu per satu.

1. Warna 

Ikan cupang jantan biasanya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan ikan cupang betina. Namun, ikan cupang betina juga bisa sangat berwarna-warni.

2. Garis Vertikal 

Cupang betina akan menampilkan garis-garis vertikal pada tubuhnya saat siap kawin, sedangkan cupang jantan tidak. 

mengenal ikan cupang jantan dan betina

3. Bentuk tubuh 

Umumnya, cupang betina lebih pendek dan bertubuh lebar dibandingkan cupang jantan, sehingga terlihat lebih oval. Cupang jantan cenderung memiliki tubuh lebih memanjang yang sedikit lebih rata, dari sisi ke sisi, dan akan terlihat panjang.

4. Sirip 

Cupang jantan memiliki sirip lebih panjang, panjangnya bisa mencapai tiga atau empat kali dari panjang sirip betina. Sirip perut jantan terlihat lebih panjang dan lebih tebal daripada sirip perut betina.

5. Perut berisi telur.

Cupang betina dewasa menunjukkan “titik telur” dibagian perutnya. Sedangkan cupang jantan jarang menunjukkan bercak telur. 

Baca Juga Mengenal 7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara

6. Jenggot 

Ikan cupang juga memiliki jenggot, dan akan terlihat saat Ikan cupang mengembangkan insangnya. jenggot cupang jantan jauh lebih besar dibandingkan dengan cupang betina. Dan untuk ikan cupang jantan, jenggot ini akan tetap terlihat walaupun tidak mengembangkan insangnya. 

7. Sifat 

Cupang jantan terlihat sangat agresif, karena ikan cupang jantan dijuluki sebagai petarung. Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggabungkan cupang jantan dan betina di dalam satu akuarium, kecuali untuk kawin.

8. Gelembung 

Umumnya, hanya cupang jantan yang mengeluarkan sarang gelembung. Ini adalah sarang yang terbuat dari gelembung air liur yang dibuat ikan di permukaan air gunanya untuk melindungi telur selama berkembang biak.(*)