Mengenal 7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara ~ KORANJAMBI.COM

Sabtu, 17 Oktober 2020

Mengenal 7 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Dipelihara

Ikan cupang halfmoon

Koranjambi.com, Ikan Cupang, atau dalam bahasa Inggris betta splendens, adalah ikan air tawar yang habitat asalnya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam

Dimasa pandemi ini, ikan ini bisa menjadi alternatif untuk mengisi kegiatan selama berada dirumah. Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Menurut ahli perikanan, ada beberapa jenis ikan cupang yang dikenal di Indonesia. antara lain, halfmoon, crown tail, double tail, paradise, veil tail, cupang slayer, spade tail , over halfmoon, dumbo ear atau big ear, snakehead.

Sementara itu menurut salah seorang penjual ikan cupang, ada jenis ikan cupang baru yang sedang populer dan mahal harganya. Pria yang berjualan ikan cupang sejak 2018 itu menyebutkan jenis ikan cupang baru itu bernama avatar gold cooper.

Berikut jenis-jenis ikan cupang yang banyak dipelihara dan dijual di Indonesia:

Ikan cupang halfmoon

- Ikan cupang halfmoon merupakan jenis ikan cupang yang memiliki ciri khas siri lebar dengan bentuk seperti bulan sabit.

Ikan cupang crown tail

- Ikan cupang crown tail dikenal juga dengan nama ikan cupang serit. Ciri khas ikan cupang crown tail adalah siripnya yang berbentuk seperti duri.

Ikan cupang double tail

- Ikan cupang double tail disebut sebagai ikan cupang yang langka. Ikan cupang double tail memiliki sirip yang lebar dan lebat.

Ikan cupang paradise

- Ikan cupang paradise atau ikan cupang surga memiliki tubuh yang kecil. Ciri khas ikan cupang paradise adalah ekornya yang seperti terbelah.

Ikan cupang slayer

- Ikan cupang slayer adalah ikan cupang hasil persilangan ikan crown tail dan halfmoon. Ikan cupang slayer memiliki sirip yang lebar hingga melebihi badannya.

Ikan cupang dumbo ear

- Ikan cupang dumbo ear dikenal juga dengan nama ikan cupang big ear. Sesuai namanya ikan cupang dumbo ear memiliki sirip yang sangat lebar seperti sayap.

Ikan cupang dumbo ear

- Ikan cupang snakehead memiliki nama lain ikan betta channoides atau ikan cupang kepala ular. Seperti namanya, ikan cupang ini memiliki kepala seperti ular. Ikan cupang jenis ini sering menang perlombaan karena warnanya yang sangat menarik.


Sumber : wolipop.detik.com