Enam Tenaga kesehatan Di Tebo Terpapar Covid-19

tenaga kesehatan yang terpapar covid-19


Koranjambi.com, Adanya Tenaga Kesehatan (nakes) di Puskesmas Rimbobujang dan Teluklancang, Kabupaten Tebo yang terpapar Covid-19, membuat puskesmas ini tutup sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tebo Riana Elizabeth, membenarkan hal tersebut. Menurut dia, keenam nakes tersebut sudah pernah disuntik vaksin Sinovac tahap pertama. Lanjutnya, hasil swab mereka keluar sekitar lima hari yang lalu. 

“Kita masih menunggu hasil tracing dari kepala puskesmas, makanya vaksinasi ini perlu dilakukan sebanyak dua kali. Setelah dua kali vaksin, maka pembentukan antibodi sempurna,” Ujar Riana.

Keenam nakes yang terpapar covid-19 ini telah menjalani isolasi mandiri.

Sementara Kepala Puskesmas Rimbobujang, Sugiono mengatakan, kelima nakes Puskesmas Rimbobujang kontak erat dengan salah satu pasien Covid-19. “Saat itu memang kita baru menjalani vaksinasi pertama,” kata dia.

Untuk kasus pasien positif Covid-19 di Provinsi Jambi bertambah 21 orang. Pasien tersebut langsung diisolasi untuk mencegah terjadinya penularan.

“Antisipasi harus dilakukan,” kata Johansyah Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Minggu (21/2). Lanjutnya, pasien yang baru saja dinyatakan positif tersebut dirawat di rumah isolasi di setiap kabupaten kota.

Baca Perselingkuhan Nissa Sabyan dan Ayus Mencuat, Orang Tuanya Jatuh Sakit

Rincian pasien positif tersebut ada di Kota Jambi 11 orang, Kabupaten Kerinci satu orang dan Kabupaten Batanghari 9 orang. 

Untuk saat ini juga terdapat 24 pasien Covid-19 yang baru saja dinyatakan sembuh, sehingga total pasien yang sembuh saat ini sebanyak 3.979 orang, sehingga kini masih ada 1.159 orang yang masih dirawat.

Saat ini pasien telah dipulangkan ke rumahnya, dan tetap diminta untuk isolasi diri secara mandiri di rumah. Johansyah menyebutkan, untuk yang baru sembuh tersebut karena hasil swabnya telah dua kali negatif. “Tetap berdiam diri di rumah dulu, agar pasien benar-benar sehat,” sebutnya.

Untuk pasien yang baru saja sembuh ada di Kabupaten Merangin 4 orang, Kota Jambi 14 orang dan di Kabupaten Batanghari sebanyak 6 orang. 

Untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia ada satu orang, sehinga total pasien yang meninggal saat ini sebanyak 81 orang.

Kemudian, saat ini ada 149 swab yang belum dikeluarkan oleh Kemenkes RI dan 102 suspek di Provinsi Jambi. Untuk Rincian suspek tersebut yakni, Kabupaten Kerinci ada 19 suspek. Selanjutnya untuk Kabupaten Bungo ada 6 suspek, dan Kabupaten Tebo ada 14 suspek, Sungaipenuh 0 suspek dan Kabupaten Muarojambi 1 suspek.(*)


sudah terbit di jambi-independent.co.id