Makanan Ikan Cupang yang Bisa Mencerahkan Warnanya

makanan ikan cupang bermanfaat bagi warnanya

Koranjambi.com, Ikan cupang menjadi pilihan banyak orang untuk dipelihara saat ini. Selain warnanya yang cerah, ikan ini juga sangat mudah untuk dipelihara. Guna mempertahankan dan merawat warna ikan cupang ini, pemilihan makanan juga perlu diperhatikan.

Terdapat banyak jenis makanan buat ikan cupang, berikut 6 jenis makanan yang dapat membuat warna ikan ini menjadi lebih cerah.

1. Jentik Nyamuk

Sebagai makanan pokok di habitat aslinya, jentik-jentik nyamuk adalah pilihan makanan ikan cupang yang sangat baik.

2. Cacing Darah

Cacing darah adalah larva dari lalat pengusir hama. Cacing darah mengandung zat besi tinggi sehingga dapat menghasilkan warna merah cerah pada tubuh ikan. 

Beberapa toko hewan peliharaan pun menyediakan cacing darah ini dalam bentuk gel atau kering.

3. Lalat Buah

Lalat buah juga dapat mencerahkan warna tubuh dan sirip ikan cupang. Jenis lalat buah yang bisa digunakan sebagai pakan adalah lalat buah umum yang biasa ditemukan pada buah di rumah Anda.

4. Udang air asin atau udang rebon

Udang air asin dapat meningkatkan warna pada ikan cupang. Udang-udangan (krustasea) kaya akan pigmen karotenoid yang dapat mempertegas corak warna merah dan kuning pada ikan.

5. Spirulina

Spirulina adalah sejenis tanaman ganggang yang mengandung pigmen hijau kebiruan. Spirulina dapat meningkatkan kesehatan dan warna ikan cupang. Karena cupang adalah karnivora, mereka tidak akan memakan ini begitu saja, namun banyak produk pakan ikan yang dijual di pasaran mengandung spirulina.

6. Ikan Salmon dan Haring

Pakan untuk ikan cupang dari bahan ikan salmon dan ikan haring bisa Anda jumpai di toko hewan peliharaan.(*)