Hadiri Sedekah Payo, Al Haris Siap Bantu Memfasilitasinya

Koran Jambi, Gubernur Jambi, Al Haris, mengapresiasi kegiatan Sedekah Payo (turun ke sawah) yang memiliki nilai positif bagi masyarakat. Sedekah Payo merupakan kearifan lokal yang mengajarkan saling membantu, gotong royong, memelihara dan meningkatkan kepedulian sosial, bermusyawarah dalam mengambil keputusan, dan berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan Al Haris saat menghadiri Sedekah Payo di Desa Sarang Burung Simpang Limo Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (22/02/2022).

“Saya sangat mengapresiasi tradisi khas yang sangat positif bagi masyarakat di Desa Sarang Burung dan Simpang Limo ini. Kegiatan ini memiliki makna bahwa petani telah memberikan berkah yang luar biasa, tak hanya hasilnya bisa dinikmati untuk keberlangsungan hidup manusia, namun juga keindahan sawah dapat memberikan ketenangan dan kesejukan bagi jiwa manusia,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, dalam kegiatan Sedekah Payo ini, masyarakat melakukan doa bersama, yang merupakan tradisi warisan dari nenek moyang dan masyarakat terus melestarikannya sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah.

“Kegiatan ini mencerminkan perhatian kita terhadap tradisi yang sangat positif dari orangtua terdahulu yang tentunya untuk kebaikan masyarakat semua, terlebih lagi sebelum melakukan Sedekah Payo terlebih dahulu melakukan musyawarah,” tutur Al Haris.

Al Haris mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung Sedekah Payo dan siap membantu memfasilitasinya. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota memberikan perhatian besar untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, terutama swasembada beras, karena petani merupakan ujung tombak dalam mewujudkan swasembada beras.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi, hal ini sejalan dengan Visi Jambi MANTAP poin kedua yaitu, Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah,” ungkap Al Haris.

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi mulai menurunkan program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE), untuk membantu permasalahan yang ada di desa misalnya untuk normalisasi sungai, pembangunan infrastruktur desa dan lainnya. Kepala Desa juga bisa mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk meminta bantuan dan Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu,” lanjut Al Haris.

Al Haris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengganti lahan persawahan yang ada menjadi lahan sawit dan mengharapkan hasil produksi pertanian di Desa Sarang Burung Simpang Lamo terus meningkat dan membantu swasembada beras di Provinsi Jambi. (Red)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----