Kerinci dan Sungaipenuh Darurat Bencana, Gubernur Minta Perbanyak Posko

Kerinci dan Sungaipenuh Darurat Bencana, Gubernur Minta Perbanyak Posko
Kondisi banjir di Kerinci dan Sungaipenuh.(foto: instagram/@alharisjambi)

Kerinci, koranjambi.com – Curah hujan yang tinggi membuat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh siaga darurat bencana banjir dan longsor. Belasan ribu warga terdampak bencana di dua wilayah tersebut.

Gubernur Jambi, Al Haris turun langsung melihat kondisi warga terdampak bencana di dua wilayah tersebut, Selasa (02/01/2024) siang hingga malam tadi. Gubernur Al Haris melihat langsung warga terdampak bencana banjir, maupun insfratruktur yang terdampak longsor.

Gubernur Al Haris mengatakan dirinya sangat prihatin terhadap bencana banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh diawal 2024 ini.

“Kita prihatin dengan musibah banjir dan longsor di ke Kerinci dan Sungaipenuh ini, curah hujan tinggi dan banyak rumah warga dekat sungai ini sangat rawan,” kata Al Haris.

Terkait itu, Gubernur Al Haris menegaskan kepada pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh untuk terus siaga mengawasi warga yang berada di bantaran sungai. “Ungsikan warga yang didekat sungai, curah hujan masih tinggi, sewaktu-waktu air bisa naik, evakuasi warga ketempat aman,” ujar Al Haris.

Al Haris juga menegaskan agar pemerintah dua daerah tersebut memperbanyak pendirian posko-posko, baik posko keamanan, posko siaga, maupun posko kesehatan.

“Tolong perbanyak posko-posko, apakah terkait pengamanan Polri, TNI, Pol PP, posko tim siaga dan juga Pasko medis,”

Selanjutnya, kata Al Haris Pemerintah akan melakukan bantuan pangan, terkait itu dirinya berharap pemerintah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh melakukan pendataan yang akurat terhadap warga terdampak bencana, begitu juga dengan kerusakan yang disebabkan banjir dan longsor.

Disebut Al Haris, data tersebut sangat penting untuk penanganan pasca bencana dan laporan untuk ke BNPB.

“Kita minta melakukan laporan, saya minta data lengkap pasca bencana, rumah rusak, tanggul, jembatan, jalan, dan sebagainya, itu kita laporkan segera ke BNPB. Saya melihat banyak titik yang sangat rawan yang harus kita tangani segera, kita ajukan dana ke BNPB. Secara Lisan saya sudah WA PNPB,” sebutnya.

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----