Dewan Minta KPU Muaro Jambi Jaga Netralitas Pemilu 2024

Usman Khalik, Dewan Minta KPU Muaro Jambi Jaga Netralitas Pemilu 2024
Usman Khalik, Anggota DPRD Muaro Jambi.

Muaro Jambi, koranjambi.com – Pemilihan Legislatif dan Presiden tahun 2024 tinggal menghitung hari. Berbagi persiapan telah dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

Terkait hal itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaro Jambi meminta kepada pihak KPU Muaro Jambi untuk tetap menjaga netralitas dalam penyelenggaraan pemilu nantinya.

”Kami minta KPU untuk menjaga netralitasnya pada pemilu mendatang. Jangan sampai ada kesalahan yang disebabkan oleh KPU selaku penyelengara Pemilu,” kata Usman Khalik Anggota Dewan Muaro Jambi.

Usman menjelaskan, permasalahan yang timbul ketika Pemilu bisa saja disebabkan kesalahan petugas atau penyelengara pemilu.

”Makanya saya tekankan jaga netralitas. Jika netral pemilu bisa bersih dan minim pelangaran. Jika Pemilu bersihkan tidak akan ada gugatan,” ujar politisi PDIP ini.

Netralitas KPU selaku penyelangara sangat diperlukan karena bisa menjaga kecurangan yang terjadi ketika Pemilu.

”Menjelang Pemilu kita juga pertanyakan kesiapannya baik itu petugas KPPS maupun aplikasinya. Menurut KPU semua sudah siap termasuk bimteknya,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Muaro Jambi Al Muttaqin menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus menjaga netralitas dan integritas sebagai penyelenggara pemilihan umum.

Pihak KPU, kata dia, sudah terikat dengan sumpah janji jabatan, kode etik maupun pedoman perilaku dalam menjalankan tugas sebagai pihak penyelenggara pemilu.

“Selain dari pada itu, kami juga dituntut untuk berkerja secara mandiri, profesional dan akuntabel sesuai dengan prinsip dasar penyelenggara Pemilu,” kata Al Muttaqin.

Dia menjelaskan, pada pasal 3 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu, disebutkan bahwa ada 11 prinsip dasar bagi penyelenggara pemilu.

Prinsip dasar tersebut yaitu, sambungnya, mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif dan efisien.

“Insyaallah, kami pihak KPU Muaro Jambi akan tetap menjaga netralitas dan integritas sebagai penyelenggara pemilu,” imbuhnya. (ris)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----