Hadapi Idul Fitri, Komari: Daging Beku Halal dan Steril



Koran Jambi, Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah semakin dekat, kebutuhan bahan pokok jelang lebaran seperti daging, tentu sangat tinggi. Guna mengantisipasi hal tersebut, Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyiapkan pasokan daging beku.

Dari pantauan di Pasar Talang Banjar Kota Jambi, H-7 lebaran kebutuhan akan daging belum mengalami peningkatan.

Wawan salah seorang penjual daging mengatakan, lonjakan permintaan akan daging sapi ataupun kerbau untuk merayakan Idul Fitri biasanya H-3.

"Kalau sekarang penjualan masih stabil, seperti hari-hari biasa. Ramainya orang akan mulai beli daging H-3 lebaran," Ujarnya.   

Komari, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi mengatakan, kebutuhan daging untuk merayakan Idul Fitri sudah tentu akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa. Untuk itu pihaknya menyiapkan stok daging beku sebanyak 20 ton. 

"Saat ini, Disperindag talah menyiapkan stok daging beku sebanyak 20 ton, siap ditambah pasokannya jika merasa diperlukan," ujar Komari, seperti dikutip dari jambione.

Ia mengatakan saat ini untuk harga daging dipasaran kisaran Rp120 ribu per Kilogram, kalau daging beku sapi itu Rp85 ribu per Kilogram, sementara kerbau Rp78 ribu per Kilogram.

Baca Juga 
Video Viral Jalan Tikus Mudik Macet, Fakta Atau Hoax?

Komari menyarankan kepada masyarakat Kota Jambi untuk beralih ke daging beku, jika terjadi lonjakan harga. "Daging beku halal, dan juga steril," tambahnya.

Dirinya berharap, dengan adanya stok daging beku dari Bulog ini dapat menjaga stabilitas harga di pasaran. Daging beku ini merupakan alternatif masyarakat, jika tidak dapat membeli daging segar dan pastinya daging beku harganya jauh lebih murah.

"Selain daging sapi/kerbau, daging ayam juga kami jaga stabilitasnya. Kini masih diharga Rp31 ribu per Kilogramnya," katanya.

Sementara untuk komoditas lain seperti cabai, bawang dan lainnya, kini kondisinya juga masih normal. "Cabai memang fluktuatif, tergantung stok dari produsen. Tapi sekarang kondisinya masih aman," pungkasnya.(*)

Sumber jambione.com