AKD DPRD Batanghari Disahkan, Berikut Susunannya

dprd batanghari

Koran Jambi, Setelah melalui proses musyawarah yang menyita waktu, akhirnya susunan Pimpinan Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) disahkan, Selasa (15/03/2022).

Disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari Anita Yasmin saat dijumpai di ruang kerjanya, bahwa pada tanggal 14 Maret 2022 pergantian susunan Pimpinan Komisi dan AKD telah dilaksanakan.

“Alhamdulillah memang tanggal 14 Maret 2022 sudah kita laksanakan rolling atau pergantian Pimpinan Komisi dan AKD, itu semua kita laksanakan setelah melewati rapat dan musyawarah dengan keputusan bersama,” kata Anita Yasmin.

Dikatakan Anita Yasmin, sesuai dengan Tata Tertib (Tatib) pergantian AKD dilakukan per 2,5 Tahun. Adapun prosesnya DPRD Batanghari melakukan musyawarah guna mencapai mufakat.

“Harus diganti per dua tahun setengah, kemarin sudah memasuki masanya. Artinya dalam hal ini kemarin sudah kita rapatkan dan setiap pimpinan itu dipilih oleh anggota komisi, setelah melewati rapat dan musyawarah kita mendapatkan hasil siapa yang pantas atau layak dan yang mampu,” ucapnya.

Lanjut Ketua DPRD Batanghari, bahwa dari tujuh AKD yakni Komisi I, II dan III, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Kehormatan (BK), Badan Musyawarah (Bamus) dan Badan Anggaran (Banggar) telah ditetapkan siapa yang menjadi ketua.

“Berdasarkan kesepakatan anggota komisi, komisi I dipimpin oleh Sirojudin dari Fraksi Golkar dengan wakil Aminuddin dari Gerindra. Komisi II dipimpin oleh Ibrahim dari fraksi PDIP dan wakil Tarmizi dari fraksi PPP, Komisi III diketuai oleh M. Zen dari PAN dan wakil Adison dari PKS,” tutur Anita.

Sementara itu Bapemperda diketuai oleh M. Zaki dari fraksi PPP, wakil Yoghie Verly Pratama dari fraksi Demokrat. Badan Kehormatan diketuai oleh Aminuddin dari fraksi Gerindra, dengan wakil Muhyi dari fraksi PKS.

“Kalau Bamus dan Banggar ex-officio adalah pimpinan DPRD, itulah komposisi yang telah disepakati bersama kawan-kawan. Ini nanti akan segera di SK kan, dan secepatnya akan disegerakan,” ujarnya.

“Ini adalah hasil terbaik, orang-orang yang berdiri di sana adalah orang-orang yang layak. Kita berharap orang-orang ini menunjukkan kualitas kinerja, upaya kawan-kawan yang sudah diberi amanah untuk dapat menunjukkan totalitas kinerjanya, memberikan hasil yang baik di posisinya,” tutupnya.(Adv DPRD Batanghari)

Baca berita terbaru di JAMBISERU.COM