Tak Semua Kendaraan Bisa Beli Pertalite dan Solar, Nah lho!

Tak Semua Kendaraan Bisa Beli Pertalite dan Solar
Foto: ist

Koran Jambi, Tak lama lagi aturan baru soal penjualan BBM bersubsidi akan dikeluarkan pemerintah. Aturan baru tersebut nantinya akan mengatur kendaraan apa saja yang bisa beli Pertalite dan Solar.

Adanya aturan baru tersebut, disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto. Menurutnya, regulasi itu akan mengatur kenaikan harga minyak dunia dan peralihan konsumen dari BBM nonsubsidi ke BBM bersubsidi akibat disparitas harga.

“Di dalam Perpres tersebut tidak hanya BBM jenis Pertalite yang akan disempurnakan, satu lagi yang lebih krusial BBM jenis solar karena solar masih disubsidi meskipun subsidi per liter, tetapi harganya masih sangat murah kalau dibandingkan dengan solar nonsubsidi,” ujarnya dalam tayangan CNBC Energy Corner, Senin (30/5/2022).

Saat ini harga solar bersubsidi hanya dijual Rp5.100 per liter, sedangkan harga solar nonsubsidi sudah mencapai hampir Rp13.000 per liter.

Ia mengatakan, konflik antara Rusia dan Ukraina jadi salah satu faktor yang menyebabkan harga minyak dunia melambung terkhusus gasoline, sehingga harga Pertamax di dalam negeri terkerek naik menjadi Rp12.500 per liter.

Sementara, pemerintah yang tidak menaikkan harga Pertalite membuat selisih harga BBM jenis penugasan ini juga serupa antara Solar dan Bensin. Hal itu lantas membuat konsumen beralih dari membeli Pertamax ke Pertalite.

Selengkapnya baca Jambiseru.com

 

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----