Festival Kenduri Swarnadaksa, Fadhil Sebut ini Salah Satu Bentuk Melestarikan Budaya Leluhur

Koran Jambi, Batanghari- Bupati Batanghari M Fadhil Arief di dampingi wakil Bupati H Bakhtiar SP Resmi buka Festival Kenduri Swarnadaksa Batanghari yang berpusat di Pasar Lamo Muara Tembesi.

Pembukaan festival tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala OPD, Koramil Muara Tembesi, Kapolsek Muara Tembesi, Tokoh Masyarakat Setempat dan tamu undangan lainnya, Rabu 24/08/2022.

Dalam sambutannya M Fadhil Arief mengatakan, sudah ada kegiatan tahun ini di tingkat nasional, mulainya dari Kabupaten Dhamasraya dan akan berakhir nanti di Muara Sabak menuju ke Laut, jadi susuran Sungai Batanghari dari hulu sampai ke hilirnya, Kabupaten Batanghari kebagian di Pasar Muara Tembesi.

Bupati Btanghari itu juga mengatakan Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, dati kegiatan ini salah satu bentuk mengingat budaya leluhur

“Disitu kita mengingat sejarah bahwa di Pasar Tembesi itu sendiri adalah letak geografis yang sangat menguntungkan pada saat itu, adanya pertemuan tiga sungai yaitu Batang Tabir, Batang Tebo dan Batanghari, yang ternyata menurut penggalian sejarah yang di gali bang Bakhtiar dan kawan-kawan bahwa dulu orang cina yang mengajari kita berdagang disini,” Ucap MFA

Lanjut Fadhil, Jadi orang Cina datang lebih dulu dari pada orang Belanda dan mengajarkan penduduk asli untuk berdagang disini, sejarah ini yang harus kita ingat bahwa bangsa kita Batanghari ini dulu pusat perdagangan serta pusat ke ilmuan itu ada di Pasar Muara Tembesi. Tapi memang seiring perkembangan zaman orang kita tidak pandai lagi merawatnya dan sekarang kita coba bagaimana kita rawat dan urus kembali sejarah yang dibuat leluhur kita dulu supaya bisa berkembang kembali.

“Salah satu pengungkitnya adalah menjadikan ini sebagai tuan rumah untuk kegiatan Swarnadaksa batanghari, tapi tentunya tidak lepas dari kegiatan hati ini saja tentu perlu kita kembangkan dengan kegiatan-kegiatan lain dalam rangka melestarikan budaya yang ada dikita,” Kata MFA. (Nda)

Baca berita terbaru di JAMBISERU.COM